oleh

Angka Herd Immunity Terpenuhi, Dinkes Bulungan Belum Puas Sebelum Tembus 80 Persen

benuanta.co.id, BULUNGAN – Angka herd immunity Kabupaten Bulungan telah tercapai, terlihat pada dosis pertama telah mencapai angka 70 persen. Pemerintah Kabupaten Bulungan meyakini jika target kedua juga bisa mencapai angka herd immunity, di mana pada hari ini baru diangka 48,97 persen.

“Dosis pertama itu sudah mencapai 72,25 persen atau sebanyak 85.933 orang. Tapi keinginan saya di akhir Desember itu bisa 80 persen,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Bulungan, Imam Sujono kepada benuanta.co.id, Jumat 26 November 2021.

Baca Juga :  Habis Vaksin Pemuda di Tanjung Palas Ngedrop hingga Meninggal Dunia, Punya Riwayat Stroke Ringan, Penyakit Lambung dan Kolesterol

Terlebih untuk kasus Covid-19 sudah melandai hingga saat ini masih tersisa 3 kasus aktif dari jumlah 11.873 orang yang positif dimana kesembuhan diangka 11.667 orang dan yang meninggal dunia 205 orang.

“Target zero kasus otomatis beberapa kedepan akan hilang, karena yang 3 orang terpapar di Kecamatan Tanjung Palas Timur dan Tanjung Palas Barat itukan menuju penyembuhan. Kecuali ada penambahan kasus baru,” paparnya.

Untuk itu, vaksinasi terus dikejar, dimana setiap harinya Dinkes Bulungan membuka pos vaksin. Agar dosis kedua vaksinasi yang angkanya baru 48,97 persen atau yang baru bervaksin kedua sebesar 58.247 orang bisa mencapai herd immunity.

Baca Juga :  Ikuti HET Minyak Goreng Rp 14 Ribu, Alfamidi Tanjung Selor Diserbu Warga

“Angka dosis 2 ini bukan terlambat untuk herd immunity, hanya saja yang vaksin itu belum waktunya bervaksin. Kalau vaksinnya di hari ini maka butuh 28 hari atau sebulan untuk vaksin lagi sesuai protap” jelasnya.

Sembari habiskan dosis pertama dan kedua, pihaknya juga menanti petunjuk teknis dari Kementerian Kesehatan untuk vaksinasi tahap ketiga khususnya masyarakat rentan. Pasalnya yang berlaku vaksin ketiga saat ini hanya tenaga kesehatan. “Kita masih menunggu juknis, barangkali diawal tahun,” ucap Imam.

Baca Juga :  Gegara Korsleting Listrik, Apotek Tanjung Selor Alami Kerugian Rp 40 Juta 

Sementara itu, Sekretaris Dinkes Bulungan Ida Bagus Sidharahardja mengatakan, bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional (HKN) pada 12 November 2021, Dinkes Bulungan menargetkan 10 ribu masyarakat untuk vaksin dalam 2 pekan.

“Hingga tanggal 25 November ini yang vaksin mencapai 11.438 orang walaupun capai target kita tetap jalan (lanjutkan vaksinasi),” pungkas Ida Bagus. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *