Jangan Rusak Masa Mudamu, Demi Masa Depan yang Cerah

Penulis:

Abdurrahman

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1248 votes

(Mahasiswa Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Malang)

MASA muda termasuk masa yang istimewa. Pada masa inilah fisik manusia masih kuat, pikiran masih fresh dan semangat yang membara. Maka dari itu itu masa muda seharusnya digunakan untuk hal-hal yang baik, karena pada saat di akhirat kelak Allah SWT. akan bertanya untuk apa kita habiskan masa muda kita.

Orang-orang bilang pada masa muda adalah masa unttuk bersenang-senang, masa untuk mencari pengalaman sebanyak-banyaknya, masa untuk belajar banyak hal baru, dan lain sebagainya. Adapula yang dimasa mudanya mereka lebih menuju kepada hal berkarya untuk masa depan. Untuk itulah pentingnya mengisi masa muda dengan hal-hal yang bermanfaat dan memiliki nilai-nilai positif, bila perlu kegiatan yang kita lakukan di masa muda itu harus bisa membawa pengaruh yang baik kepada anak muda lainnya, bahkan memotivasi mereka pula untuk melakukan hal yang baik.

Baca Juga :  Tinjauan Ekonomi Kabupaten Tana Tidung

Banyak anak muda pada zaman sekarang ini terlalu asik kepada yang mereka lakukan, yang dimana hal itu belum tentu membawa dampak yang baik untuk kedepannya untuk mereka sendiri. Mereka cenderung berpikir pendek terhadap kegiatan yang mereka lakukan. Seperti pengalaman yang saya dapatkan, pada waktu itu saya sedang bercerita Bersama kawan saya, disitu dia bercerita bahwa pada suatu malam dia sedang memasuki suatu tempat hiburan dewasa dan disitu dia mabuk-mabukan Bersama orang dewasa di sekitar situ. Kemudian setelah ia selesai bercerita, saya tanyakan “kamu mabuk-mabukan seperti itu untuk apa?” dan dia pun menjawab “yah untuk menghilangkan stress, mencari hiburan begitu”. Dari hal tersebut bisa ditarik kesimpulan bahwa untuk menghilangkan stress tidak harus melakukan hal-hal tersebut yang dimana merusak diri dan merusak masa depan. Banyak hal-hal positif yang bisa dilakukan ketika ingin menghilangkas stress, seperti olahraga, shoping, rekreasi, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Tinjauan Ekonomi Kabupaten Tana Tidung

Menghibur diri dimasa muda tidak harus merusak diri dan menghambat proses untuk berkembang. Pada saat ini anak muda lebih cenderung kepada hal yang negative, mereka beranggapan jika kegiatan yang dilakukan itu mengasikan, maka mereka akan melakukan hal tersebut tanpa berpikir panjang kedepan terhadap apa yang mereka lakukan. Ada yang mengatakan “Wah, elu mah gak merokok gak gaul elu mah” , “Masa sih lu gak pernah mabuk, gamungkin dah” , “Wah cupu masa mudanya dirumah mulu” , “Lemah lu mah gak berani coba ngelem” , “Ayo dah ntar malam ke tempat hiburan malam ntar tak bayarin dah semua” (semua itu adalah pengalaman yang saya dapatkan dari kehidupan saya). Dari hal tersebut sudah jelas termasuk hal yang MERUSAK MASA DEPAN. Jadi bisa dibedakan menikmati masa muda dengan merusak masa muda itu bagaimana kan?

Baca Juga :  Tinjauan Ekonomi Kabupaten Tana Tidung

Janganlah kita mudah terpengaruh kepada hal-hal yang negative diluar sana walaupun banyak godaan yang datang. Kuatkan iman, kuatkan tekad bahwa saya kedepannya akan menjadi orang sukses, dan orang sukses tidak melakukan hal-hal yang buruk di masa mudanya. Tidak apa-apa dikatakan culun, cupu, tidak gaul, itu semua hanyalah godaan-godaan saja yang akan menjerumuskan kalian ke hal yang negative anggap saja godaan itu hanyalah angin yang berhembus. Teruslah berjuang untuk masa depan yang cerah, lakukan hal-hal yang positif yang dapat mengembangkan diri kalian kearah yang lebih baik. Ikhtiar, Berdo’a, Tawakal.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar

  1. Masa muda seseorang terkadang berbeda, terkadang masa mudaku buruk dan masa mudamu lebih baik… Dan yang paling tepat adalah menyadari banyak hal selagi kita masih muda, agar di hari tua tidak menyesal.