oleh

Bisnis Singal di Nunukan, Jumain Banjir Pesanan

benuanta.co.id, NUNUKAN – Sesinggal atau Singal banyak digemari dan digunakan oleh masyarakat, khususnya para pegawai serta pejabat tinggi di Kalimantan Utara. Sehingga singal juga menjadi ladang bisnis bagi para pelaku UMKM, salah satunya Jumain (51) pengrajin singal asal Binusan yang kebanjiran pesanan sesinggal.

Jumain mengatakan, awal mula membuat Singal hanya mencoba-coba dengan melipat kertas kelender yang dilipat, setelah itu menggunakan kain dan berhasil. “Saya membuat yang lebih bagus lagi sehingga bisa buat dalam sehari 5 Singal,” kata Jumain, Senin (22/11/2021).

Baca Juga :  Babinsa Koramil Sembakung Pantau Aktivitas di Pelabuhan Djangkida

Proses pembuatan singal juga perlu kehati-hatian karena harus dengan ketelitian agar Singal yang dihasilkan lebih baik dan bagus. Jumain terinspirasi dari warga Tarakan untuk membuat Singal khas adat Tidung.

Dijelaskan Jumain, harga singal tergantung dari harga kain yang termurah itu di kisaran Rp 150 ribu hingga Rp 200 ribu. Singal buatan Jumain sudah banyak yang melirik, baik dalam Kabupaten Nunukan, hingga luar seperti Sebuku, Sebatik, Sembakung dan wilayah lainnya.

Baca Juga :  Tak Tertib Pajak, 22 Kendaraan Ditahan 5 di Antaranya Milik Dinas

“Apa yang dilakukan ini tentu akan bisa menambah penghasilan kami sekeluarga dan saya juga baru membuat singal ini di bulan ini. Alhamdulillah sudah banyak pesanan hingga saat ini,” jelasnya.  (*)

 

Reporter:  Darmawan

Editor: Matthew Gregori Nusa

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *