Dibanding Provinsi Lain, Gubernur Akui Kaltara Memiliki Tanah Subur

benuanta.co.id, NUNUKAN – Gubernur kaltara, Drs. H. Zainal A. Paliwang, SH., M.Hum, mengatakan tanah Kaltara begitu subur dibandingkan dengan provinsi lainnya. Kaltara tidak memiliki musim hujan dan panas, karena setiap minggunya pasti turun hujan.

Sedangkan wilayah NTT (Nusa Tenggara Timur) dan NTB (Nusa Tenggara Barat) jika menanam jagung akan menunggu musim hujan. Jika di Kaltara menanam jagung hari ini besok akan tumbuh.

Baca Juga :  Sabu Masuk Desa Kian Meresahkan, Giliran Warga di Sebuku Digrebek Polisi

“Itulah surga yang dimaksud, kita tanam apa saja bisa tumbuh,” kata Zainal saat peresmian paket wisata gerbang satria di Lumbis Pansiangan, Sabtu (20/11/2021).

Dikatakan Zainal, dirinya telah memanfaatkan lahan yang ada di samping rumah jabatan dengan menanam tomat, cabai, kacang panjang, pare, labu, terong ungu dan kangkung, bahkan Zainal juga memelihara ikan lele. Setiap harinya Zainal bisa memanen hasil kebunnya sendiri.

“Dalam sehari saya panen kacang panjang satu ember, pare bisa 15 buah, karena lahannya di samping rumah hanya 6×12 meter,” jelasnya.

Baca Juga :  PWI Kaltara: Media Komitmen Tangkal Berita Hoaks

Dirinya melakukan hal tersebut sekaligus memberikan contoh kepada masyarakat dalam memanfaatkan laha-lahan di pinggir rumah. Tidak harus berkebun, tetap lahan rumah itu bisa ditanami sesuatu yang bisa bermanfaat untuk diri sendiri dan keluarga.

“Saya tidak pernah lagi membeli kacang panjang, cabai karena saya menanam sendiri dan memetik sendiri,” terangnya.

Zainal menambahkan, ternak sederhananya seperti ikan lele juga sudah bisa dipanen. Bahkan Zainal juga mempersilahkan warga yang ingin merasakan hasil panen kebun dan ternak untuk bisa datang ke rumah jabatan Gubenur Kaltara, Drs. H. Zainal A. Paliwang dan mengambil secara gratis. (*)

Baca Juga :  Lawan Hoaks, Gubernur: Teliti Menyerap Informasi

 

Reporter: Darmawan

Editor: Matthew Gregori Nusa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *