oleh

Bom Udara Aktif Sepanjang 1,25 Meter Ditemukan di Wilayah Sebengkok 

benuanta.co.id, TARAKAN – Sekitar pukul 11.00 WITA tim Gegana Polda Kaltara melakukan evakuasi dari bom yang ditemukan di Kelurahan Sebengkok pada Sabtu, 20 November lalu.

Kapolsek Tarakan Barat, IPTU Angestri mengatakan pihaknya menerima informasi terhadap temuan barang diduga bom di RT 9, Kelurahan Sebengkok pada Sabtu sore. Awalnya warga hendak melakukan pematangan lahan menggunakan escavator lalu tak sengaja membentur benda yang menyerupai bom.

Baca Juga :  Armada Banyak Rusak, PMK Merasa Tak Diprioritaskan 

“Barangnya yang terbentur itu seperti bom akhirnya warga lapor ke Polsek Tarakan Barat, kami langsung koordinasi dengan Polres menghubungi pihak Gegana Brimobda Kaltara,” ucap Angestri Minggu (21/11/2021).

Lalu pada pagi hari sekitar pukul 11.00 WITA unit Jibom melakukan evakuasi terhadap benda berbahaya tersebut.

Dansat Brimob Polda Kaltara, Kombes Pol Muhajir melalui Wadan Subden Gegana Satbrimob Polda Kaltara, IPTU Moh Nur Sugiharto menjelaskan bom yang ditemukan memiliki panjang 1,25 meter dengan diameter 17 centimeter.

Baca Juga :  Polres Tarakan Komitmen Sampaikan Tuntutan Aliansi Masyarakat Adat Kaltara ke Polda

“Bom kita duga merupakan sisa dari perang dunia kedua. Beratnya 300 kilogram dan ini masih terdeteksi aktif, untuk radiusnya ya sekitar 1 kiloan lah,” tuturnya.

Sugiharto menerangkan, jenis bom yang ditemukan yakni bom udara dan terdapat kesulitan dalam pengevakuasian bom yakni medan yang sulit karena tanah berlumpur.

Dirinya pun mengimbau kepada masyarakat agar tetap berwaspada dan melaporkan ke pihak berwajib jika menemukan benda yang mencurigakan.

Baca Juga :  Asap Bikin Panik, PMK Tarakan Padamkan Sampah yang Dibakar Warga

“Kalau sementara bom ini kita evakuasi ke Mako Brimob dan akan disimpan sementara di Bunker,” tandasnya. (*)

 

Reporter: Endah Agustina

Editor: Matthew Gregori Nusa

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *