Anggaran Sudah Disiapkan, Iraw Tengkayu Justru Batal

benuanta.co.id, TARAKAN – Beberapa waktu lalu, pemerintah kota Tarakan sempat mewacanakan akan menggelar Iraw Tengkayu pada Desember mendatang. Namun wacana ini dibatalkan karena dinilai tak ideal.

Tokoh Budayawan Suku Tidung, Datu Norbeck mengatakan bahwa pelaksanaan ini dinilai tak ideal karena persiapan membutuhkan waktu yang cukup panjang.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1579 votes

“Jadi, kami sudah rundingkan ini secara terbatas dengan Pak Wali Kota untuk mempertimbangkan ini, karena acara Iraw Tengkayu dan penurunan Padau Dulung ini akan mendatangkan penonton yang sangat banyak. Inilah kekhawatiran kami,” kata dia.

Baca Juga :  Harga Telur Ayam Ras Mulai Tembus Rp 72 Ribu

Idealnya pelaksanaan Iraw Tengkayu membutuhkan waktu minimal 3 bulan persiapan. Sehingga jika di bulan ini dilakukan, maka pihaknya hanya memiliki waktu satu bulan saja untuk persiapan, seperti tari kolosal dan Padau Tujuh Dulung.

“Biasanya 200 penari dibutuhkan. Kalau penari banyak, maka penontonnya banyak. Mudah-mudahan tahun depan pandemi sudah berlalu, jadi bisa melaksanakan Iraw Tengkayu lagi” sambungnya.

Baca Juga :  Disnakertrans Tarakan Buka Posko Pengaduan Masalah THR

Dikonfirmasi secara terpisah, Sekretaris Kota Tarakan, Hamid Amren menjelaskan bahwa pembatalan acara Iraw Tengkayu ini didukung dengan aturan penerapan PPKM Level 3 di seluruh wilayah Indonesia.

“Akhir Desember nanti, Indonesia akan diberlakukan PPKM level 3. Maka tidak mungkin event dilaksanakan. Atas pertimbangan tersebut, Wali Kota menegaskan bahwa Iraw tahun ini ditunda,” beber Hamid.

Baca Juga :  DKP Kaltara Tes Kandungan Formalin pada Ikan di Tiga Pasar Tradisional Tarakan

Adapun untuk alokasi anggaran yang dikhususkan untuk Iraw akan dijadikan silpa yang dapat digunakan kembali di tahun depan. (*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *