De Rosa Menang Perdana WSSP, Galang Hendra gagal Finis di Mandalika

Lombok  – Raffaelle de Rosa dari tim Orelac Racing merebut kemenangan perdananya di World Supersport setelah memenangi race 1 seri penutup musim di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok, NTB, Sabtu.

De Rosa menahan gempuran juara dunia musim ini Dominique Aegerter di lap terakhir demi tempat di podium teratas, sedangkan pebalap tim VFT Racing Federico Caricasulo melengkapi podium di peringkat tiga.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1579 votes

Awan gelap meliputi langit di atas Sirkuit Mandalika menjelang start, membuka kemungkinan balapan basah di race 1.

Baca Juga :  IMI Kaltara Pilih Jatim Sebagai TC Atlet Sebelum Laga PON XXI Aceh-Sumut

Dan benar saja, baru dua lap berjalan, rintik hujan membasahi visor para pebalap.

Pebalap Indonesia Galang Hendra Pratama menjadi pebalap pertama yang memutuskan berganti ban basah di lap keempat setelah hujan membasahi trek.

Namun para pebalap lain berjudi tetap melaju dengan ban slick di tengah kondisi setengah kering setengah basah dan cuaca mulai membaik.

Keputusan berganti ban basah menjadi bumerang bagi Galang ketika trek cukup bersahabat dengan ban kering sehingga pebalap Indonesia tersebut tertinggal satu putaran dan memutuskan menyudahi balapan dan kembali ke pit dengan sembilan lap tersisa.

Baca Juga :  Ragnar Sebut Kemenangan 3-0 lawan Vietnam Berkat Kerja Keras Tim

Pebalap tim Orelac Racing Raffaele De Rosa menjaga jaraknya dari Federico Caricasulo dengan gap 0,9 detik di lima lap terakhir demi mengincar kemenangan perdananya di WSBK di saat polesitter sekaligus juara dunia musim ini Dominique Aegerter terpaut dua detik di posisi tiga.

Aegerter mendapat celah untuk menyalip Caricasulo dan mengejar De Rosa yang masih berjarak 1,4 detik di depan.

Jagoan tim Ten Kate Racing Yamaha itu mulai menyerang dan memangkas jaraknya dari pimpinan lomba hingga terpaut 0,1 detik di lap terakhir.

De Rosa bertahan menahan gempuran sang pebalap Swiss hingga tikungan terakhir dan mampu mempertahankan posisinya demi merebut kemenangan pertamanya di WSSP.

Baca Juga :  STY Akui Persiapan Timnas Terhambat karena Beberapa Pemain Sakit

Caricasulo melengkapi podium setelah finis peringkat tiga, sedangkan Jules Cluzel (GMT94 Yamaha) finis P4 di depan Manuel Gonzalez (Yamaha Parkingo).

Dengan hasil tersebut, De Rosa naik ke peringkat tujuh klasemen dengan koleksi 239 poin.

Sedangkan setelah gagal finis di race 1 Mandalika, Galang Hendra tak mampu beranjak dari peringkat 21 klasemen dengan koleksi 24 poin.

Race 2 pada Minggu akan menjadi kesempatan terakhir bagi Galang untuk menembus peringkat 15 yang ia targetkan musim ini. (ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *