oleh

Daya Beli Warga Tana Tidung di Pasar Imbayut Menurun Selama Pandemi Covid-19

benuanta.co.id, TANA TIDUNG – Hingga akhir tahun, daya beli masyarakat di Pasar Imbayut KTT belum mengalami peningkatan yang signifikan, seperti pantauan pada Jumat 19 November 2021.

Kondisi serupa juga sempat dialami oleh para pedagang pasar Imbayut pada tahun sebelumnya. Menurut Anas salah satu pedagang, efek pandemi covid-19, masih mempengaruhi konsumen untuk berbelanja kebutuhan secara berlebih diakhir tahun.

Baca Juga :  Hubungkan KTT-Malinau, Pemkab KTT Rencana Buka Jalur Baru Damri

“Pandemi memang sudah tidak terlalu, tapi saat ini efek dari pandemi itu mengubah kebiasaan konsumen. Jika biasanya kebutuhan dibeli untuk acara atau pesta, saat ini sudah tidak lagi,” kata Anas.

Sedangkan untuk harga sembako sendiri, Anas menjelaskan hal itu tidak menjadi penentu dari kurangnya daya beli konsumen di pasar Imbayut.

“Harga tinggi pun kalau jadi kebutuhan pasti akan dibeli orang, seperti saat ramadan lalu, harga cabai meroket tadi pembeli juga datang terus, semua tergantung dari kebutuhan masyarakat,” bebernya.

Baca Juga :  Bupati Ibrahim Ali Lantik Pengurus Paguyuban Keluarga Timur

Pedagang lainnya yang dijumpai benuanta.co.id, Wiwi juga mengungkapkan saat ini harga bahan sembako di pasar Imbayut cenderung normal dan tidak mengalami kenaikan yang signifikan.

Namun karena kondisi tertentu, daya beli masyarakat KTT terhadap kebutuhan pangan juga menjadi stagnan.

“Seperi cabai saat ini kan relatif harganya, kadang Rp 35 ribu kadang juga naik menjadi Rp 45 ribu, tapi tetap akan dibeli jika jadi kebutuhan,” jelasnya lagi.

Baca Juga :  IKN Dinilai Pengaruhi Ekonomi Kaltara, Ini Tanggapan Ekonom 

“Namun kebutuhan lainnya seperti daging itu kondisinya sama saja, bahkan cenderung menurun. Tapi biasanya permintaan pasar akan meningkat drastis di sini jika sudah menjelang H-7 tahun baru,” tutupnya.(*)

Reporter: Osarade

Editor: Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *