Belanda Akhirnya Lolos ke Qatar, Turki Ikut Fase playoff

Jakarta – Tim nasional Belanda akhirnya lolos putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar sementara Turki harus mengikuti fase playoff setelah keduanya memenangi pertandingan penutup masing-masing di Grup G kualifikasi zona Eropa, Selasa waktu setempat (Rabu WIB).

Menjamu Norwegia di Stadion De Kuip, Rotterdam, Belanda meraih kemenangan 2-0 atas tamunya itu berkat gol-gol Steven Bergwijn dan Memphis Depay yang berujung kepastian Tim Oranye lolos ke Piala Dunia 2022.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1548 votes

Meski tampil cukup dominan sejak sepak mula dan memiiki nyaris 65 persen penguasaan bola, Belanda harus menunggu hingga menit ke-84 untuk membuka keunggulan.

Baca Juga :  IMI Kaltara Pilih Jatim Sebagai TC Atlet Sebelum Laga PON XXI Aceh-Sumut

Berawal dari umpan Arnaut Danjuma, Bergwijn mendapatkan ruang yang cukup terbuka lebar untuk melepaskan tembakan penyelesaian yang tak memberi kesempatan kiper Orjan Nyland bereaksi.

Norwegia berusaha mencetak gol balasan saat memperoleh tendangan sepak pojok dan nyaris semua pemain mereka berada di area pertahanan Belanda untuk hal tersebut.

Strategi itu malah jadi senjata makan tuan, sebab bola sepak pojok bisa diantisipasi oleh kapten Belanda Virgil van Dijk yang kemudian digiring Bergwijn nyaris sepanjang lapangan sebelum diteruskan jadi umpan tarik matang yang tinggal diselesaikan sederhana oleh Depay pada menit pertama injury time.

Baca Juga :  STY Akui Persiapan Timnas Terhambat karena Beberapa Pemain Sakit

Dalam pertandingan lain yang berlangsung bersamaan di Stadion Kota Podgorica, Turki mampu mengatasi perlawanan tuan rumah Montenegro dan menang 2-1 untuk mendapatkan tiket fase playoff.

Montenegro tampak akan melanjutkan kejutan mereka, setelah menahan imbang Belanda 2-2 di pertandingan sebelumnya, saat memimpin lebih dulu hanya empat menit selepas sepak mula lewat gol Fatos Beciraj.

Namun, Turki jauh lebih sigap mengatasi ancaman kejutan itu dan mencetak gol balasan lewat Kerem Akturkoglu pada menit ke-22 sebelum membalikkan keadaan sepenuhnya melalui aksi Orkun Kokcu pada menit ke-60. Skor 2-1 sukses dipertahankan Turki hingga bubaran.

Baca Juga :  Egy Pastikan Indonesia Siap Berikan yang Terbaik saat Hadapi Vietnam

Hasil-hasil itu membuat Belanda keluar sebagai juara Grup G dengan raihan 23 poin, diikuti Turki yang finis di posisi kedua dengan 21 poin, demikian catatan laman resmi UEFA.

Sementara Belanda memesan satu tempat di Qatar, Turki akan terlebih dulu mengikuti fase playoff zona Eropa untuk memperebutkan tiga tiket tersisa pada Maret tahun depan.(ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *