Pilkades Nunukan Berakhir, Camat Ingatkan Kades Baru Tak Rombak Staf

benuanta.co.id, NUNUKAN – Pemilikan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2021 di 15 kecamatan di Kabupaten Nunukan telah selesai. Pilkades ini diikuti oleh 210 desa, salah satunya di Kecamatan Sembakung yang dilaksananakan sesuai dengan tahapan dan telah mendapatkan hasil sesuai dengan pilihan masyarakat setempat.

Camat Sembakung, Zulkifli, S.sos mengatakan, pelaksanaan Pilkades di kecamatan Sembakung berjalan dengan aman dan tertib. Koordinasi yang baik antara pihak terkait bersama masyarakat membuat kegiatan ini berjalan sukses dan menghasilkan kepala desa terpilih dari 10 Desa di Kecamatan Sembakung.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1999 votes

“Dua Kades petahana tetap di posisinya, sedangkan 8 desa itu Kades baru,” ujar Zulkifli kepada benuanta.co.id, Selasa (16/11/2021).

Baca Juga :  267 Pelanggaran Selama Ops Ketupat Kayan di Nunukan

Sebelum pelaksanaan Pilkades, ia juga mengingatkan kepada calon Kades petahana agar bisa menerima jika tidak terpilih kembali. Terkait Kades baru yang terpilih, ia menyebut tidak semerta-merta melakukan rombakan rencana secara menyeluruh staf di kantor desanya. Sebab, hal itu akan membutuhkan biaya yang sangat besar dalam melakukan pelatihan kepada petugas di desa tersebut.

“Kades terpilih jangan melakukan perombakan, tetapi jika melakukan penguatan silakan. Dana desa prioritas  yang sudah jelas dengan fokus pemberdayaan masyarakat dan pembangunan,” jelasnya.

Baca Juga :  Lima Unit Motor Ikut Tenggelam Hanya Satu Dapat Dievakuasi

Kata Zulkifli, tidak lama lagi dilakukan Musrenbang tingkat kecamatan. Praktis kepala desa harus menyampaikan visi dan misi yang tersinkron kepada kepala daerah di Kabupaten Nunukan.

Sementara itu, Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Kesra Kecamatan Sembakung, Hasyim, S,Sos menrincikan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) se- Kecamatan Sembakung sebanyak 4.571 jiwa. Jumlah yang memilih 3.458 jiwa, namun ada sekitar 76 persen yang menggunakan hak pilihnya saat itu. Sedangkan 24 persen tidak melakukan pencoblosan, lantaran berada di luar daerah.

“Itu terjadi karena tidak ada di tempat, berkerja di luar dan juga menempuh pendidikan di luar daerah,” tandasnya. (*)

Baca Juga :  Dua Hari Pencarian, Akhirnya 5 Motor Berhasil Dievakuasi

Berikut daftar nama-nama Kades yang terpilih dan memiliki suara terbanyak di 15 Kecamatan, Kabupaten Nunukan.

  1. Kades Tagul, Aisyah = 105 suara
  2. Kades Lubakan, Julandi = 159 suara
  3. Kades Atap, Tahir = 540 suara
  4. Kades Manuk Bungkul, Abdul Wahab Syahrani = 112 suara
  5. Kades Tujung, Matias = 83 suara
  6. Kades Pagar, Simon Yangasok = 116 suara
  7. Kades Labuk, Justi = 79 suara
  8. Kades Pelaju, Syahrial, S.pd = 163 suara
  9. Kades Tepian Nurdiansah = 214 suara
  10. Kades Butas Bagu, Yahya Pianto = 77 suara.

Reporter : Darmawan

Editor : Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *