Dishub Harapkan Peremajaan Traffic Light dan Wacanakan Pemasangan Lagi

benuanta.co.id, TARAKAN – Beberapa hari terakhir Dinas Perhubungan Kota Tarakan melakukan uji coba traffic light di sekitar jalan Dr. Sutomo Karang Balik. Traffic light yang dipasang pun bukan traffic light biasa, namun traffic light lampu merah kuning hijau ini dilengkapi dengan Area Control System (ACS). Hal ini terlihat pada CCTV yang terpasang.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Tarakan, Muhammad Haidir menerangkan bahwa terdapat tiga area dengan ACS di kota Tarakan, yaitu Simpang Empat GTM, Jl. Diponergoro Perempatan Sebengkok dan Jl. dr. Sutomo. Sedangkan untuk wilayah lain dengan traffic light yang lama atau belum dilengkapi ACS dirinya berharap ada peremajaan.

“Mudah-mudahan ada peremajaan juga untuk traffic light yang lainnya seperti di simpang Keramat dan simpang Ladang itu,” katanya, Sabtu (13/11/2021)

Untuk diketahui bahwa traffic light yang dipasang pada tiga titik wilayah tersebut merupakan program Kemenhub yang rencananya akan dihibahkan ke Pemerintah Kota Tarakan pada akhir tahun ini.

Baca Juga :  Libur Lebaran 2024 Telah Usai, Pj Wali Kota Sidak Pegawai Pemkot di Hari Pertama Kerja

“Ini (lampu merah) yang lama itu masih conventional artinya tidak termasuk kedalam area controll system, tapi kalau ada peluang kita usulkan kedepan,” sambungnya.

Haidir juga menjelaskan akan ada wacana untuk pemasangan traffic light di Jl. Jenderal Sudirman Kampung Bugis. Namun ia belum dapat memastikan nantinya traffic light yang dipasang apakah akan dilengkapi dengan ACS atau tidaknya.

Baca Juga :  Momen Lebaran, 13 Ribu Penumpang Padati Pelabuhan Malundung 

“Targetnya tahun depan 2022 kita pasang, kalau layak kita lakukan percobaan dulu di sana,” tutur dia.

“Rencananya kita akan usulkan ke program kementrian supaya dilengkapi dengan ACS, ada usulan juga kita manfaatkan traffic light yang ada sambil kita lakukan kajian layak tidaknya,” tuntas Haidir. (*)

Reporter : Endah Agustina

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *