Kendalikan Inflasi, Tiket Pesawat Jadi Sorotan

benuanta.co.id, TARAKAN – Kenaikan beberapa bahan pokok seperti minyak goreng diprediksi akan mempengaruhi kondisi inflasi di akhir tahun. Padahal, pada bulan lalu inflasi terjadi diakibatkan tarif tiket pesawat terbang hingga membuat angka inflasi naik dari 1 angka.

Wali Kota Tarakan, dr. Khairul, M.Kes menjelaskan dalam melihat situasi ini pihaknya akan mengadakan rapat inflasi. Menurut pandangannya, saat ini harga tiket pesawat sudah mulai bergerak.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1946 votes

“Kalau Bapok kita akan tinjau dulu ke pasar, tapi sekarang yang kami perhatikan itu pesawat yang naik, padahal tadinya inflasi bulanan kita di angka nol koma, karena harga pesawat sudah mulai bergerak,” ungkap Khairul.

Baca Juga :  Pemkot Tarakan Tak Berlakukan WFH bagi ASN

Hal ini disebabkan karena aturan perlonggaran PPKM di Kota Tarakan sudah turun level. Berimbas ke penerbangan, dilanjutkan mantan Sekretaris Daerah Kota Tarakan itu, membuat arus penumpang semakin padat.

“Kalau soal makanan biasanya relatif lebih mudah kita tangani, tapi tiket pesawat ini kadang tidak bisa dikendalikan,” ujarnya.

Secara terpisah, Kepala Bandara Internasional Juwata Tarakan, Agus Priyanto menjelaskan selama dua hari ini peningkatan penumpang naik secara drastis. Dari pengamatannya sekitar ada 2.000 penumpang per harinya datang dan pergi.

Baca Juga :  Berkat Gubernur Kaltara, Bandara Juwata Tarakan Dapat Extra Flight Arus Balik dari 2 Maskapai

“Terbukti dua hari ini yang biasa 400 sampai 500 sekarang bisa sampai 2.000 penumpang,” jelasnya.

Saat ini, pihaknya juga tengah menyiapkan untuk pelonjakan penumpang menjelang natal dan tahun baru. Sementara itu, untuk kenaikan harga tiket kemungkinan akan terjadi namun dalam hal ini pihaknya tak dapat memastikan.

“Pasti naik lah (penumpang) kan itu natal dan tahun baru mobilitas orang, kalau harga pesawat mungkin, tapi itu airlines yang tahu,” tandasnya. (*)

Baca Juga :  Arus Balik Padati Dermaga Pelabuhan Tengkayu I Tarakan 

Reporter: Endah Agustina

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *