Kobarkan Semangat Sumpah Pemuda, YPA-MDR Siapkan 23 Ribu Lebih Siswa Binaan Menjadi Generasi Muda Indonesia Tangguh

DALAM rangka menyambut peringatan hari sumpah pemuda yang jatuh setiap 28 Oktober, PT. Astra International Tbk melalui Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) menyelenggarakan kegiatan Talkshow & Awarding NgoPI Berbinar (Ngobrolin Pembelajaran dan Berbagi Inspirasi Insan Astra) secara virtual pada Rabu, 27 Oktober 2021.

Mengusung tema Menyiapkan Generasi Muda Indonesia Tangguh, acara ini menghadirkan narasumber inspiratif seperti Chief of Corporate Human Capital Development PT. Astra International Tbk, Aloysius Budi Santoso dan public figure Cinta Laura Kiehl, yang memberikan wawasan dan pemahaman tentang kontribusi Astra dalam menyiapkan generasi muda yang tangguh untuk turut meningkatkan pendidikan Indonesia serta kolaborasi antara dunia profesional, dan pendidikan yang saling menopang untuk mewujudkan generasi muda Indonesia yang berkarakter.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1590 votes

“Talkshow inspiratif ini bertujuan untuk mendorong kepala sekolah, para guru binaan dan non binaan untuk terus bersemangat membangun kemajuan sekolah. Hal ini dalam rangka mewujudkan generasi muda yang tangguh khususnya siswa binaan kami yang tepatnya mencapai 23.797 siswa. Selain itu kami juga ingin menginspirasi para guru dan siswa sekolah binaan, dan non binaan agar tetap berkomitmen untuk meningkatkan kompetensi dan prestasi dalam pendidikan yang terus maju bertumbuh,” terang Ketua Pengurus YPA-MDR, Herawati Prasetyo.

Baca Juga :  Marak PMI Kabur Gaji Tak Sesuai, Faktanya Memang Tak Prosedur

Turut menyemarakkan peringatan Hari Sumpah pemuda, YPA-MDR menyelenggarakan serangkaian program kompetisi yang mendorong  semangat sekolah binaan untuk turut aktif berkarya seperti Pekan Inovasi Guru (PIGUR) yang tercipta 112 karya dan berbagai kompetisi kreatif.

Bersamaan dengan itu, YPA-MDR juga memberikan penghargaan terhadap  karya jurnalistik terbaik sebagai bentuk apresiasi kepada rekan-rekan media massa yang turut berperan dalam mempublikasikan manfaat program bantuan pendidikan YPA-MDR.

Sebagai upaya nyata wujudkan semangat Sumpah Pemuda tahun ini, YPAMDR melakukan pembukaan akses jaringan internet langsung melalui satelit atau Very Small Aperture Terminal (VSAT) di sekolah- sekolah binaan yang  berada di Provinsi NTT, yang selama ini benar-benar kesulitan dalam memperoleh akses informasi digital aktual seputar pendidikan karena tidak terjangkau oleh jaringan internet.

Baca Juga :  Dampak Psikologis saat Gerhana

“Sejak 2018, YPA MDR mendorong program sekolah berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk sekolah-sekolah binaan melalui pemenuhan ketersediaan sarana dan prasarana untuk menunjang Digitalisasi sekolah. Sekaligus mendukung terlaksananya program literasi digital di sekolah binaan. Khusus sekolah-sekolah binaan YPA-MDR telah kami lengkapi dengan perpustakan digital yang di dalamnya terdapat ribuan buku pelajaran, video pendidikan, soal-soal try out serta komik literasi moral, budi pekerti dan kesehatan. Oleh karena itu, YPA-MDR secara resmi memberikan bantuan berupa pembukaan akses jaringan internet VSAT tahap satu untuk 12 sekolah binaan di Provinsi NTT yang tersebar di Kecamatan Amarasi Selatan, Takari dan Rote Barat,”   papar Herawati.

Melalui pembukaan akses jaringan internet VSAT di sekolah-sekolah binaan YPA-MDR, diharapkan dapat meningkatkan mutu literasi digital dalam mewujudkan sekolah berwawasan global serta menjadi solusi dalam mendapatkan informasi pembelajaran yang cepat, luas dan tak terbatas di era globalisasi.

Baca Juga :  Dampak Psikologis saat Gerhana

Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) yang berdiri sejak tahun 2009 merupakan yayasan yang secara khusus didirikan dan dimiliki oleh PT Astra International Tbk sebagai pelaksana kontribusi sosial berkelanjutan Astra untuk Indonesia cerdas untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah prasejahtera atau 4T (Tertinggal, Terdepan, Terluar Dan Terdalam melalui 4 pilar pembinaan yaitu Akademik, Karakter, Seni Budaya dan Kecakapan Hidup. Selain itu, YPA-MDR juga memberikan bantuan berupa sarana prasarana penunjang kegiatan belajar mengajar sesuai Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Hingga saat ini, YPA-MDR telah membina 110 sekolah (jenjang SD, SMP dan SMK/SMA) yang tersebar di 13 kabupaten, yaitu Kabupaten Lampung  Selatan, Serang, Tangerang, Bogor, Majalengka, Kapuas, Kutai Barat, Barito Utara, Bantul, Gunung Kidul, Pacitan, Kupang dan Rote Ndao. (*)

Editor : Nicky Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *