Ketua TP-PKK Rachmawati Zainal akan Promosikan Batik Kaltara ke Ajang Nasional

Tanjung Selor– Berlenggok seperti model profesional, pria dan wanita di lingkungan Pemprov Kaltara memeragakan busana Batik Kaltara di atas catwalk mengikuti Fashion Show Batik Kaltara yang digelar oleh Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kaltara.

Ketua TP PKK Kaltara Rachmawati Zainal mengungkapkan perasaan bangganya melihat antusias para peserta yang ikut berkompetisi pada lomba digelar di Pendopo Lapangan Agathis, Selasa pagi (26/10).

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1588 votes

“Mereka sangat memukau menggunakan batik khas Kaltara dengan berbagai macam kreasi dan mereka tetap mengedepankan kearifan lokal,” ungkapnya.

Baca Juga :  SAKIP Pemprov Kaltara Ditargetkan Lebih Baik dari Tahun Sebelumnya

Hasil kreasi ini menurutnya mampu dibanggakan dan bisa digunakan dalam berbagai momen baik formal maupun informal.
“Batik Kaltara bisa dipergunakan ke kantor sangat rapi dan bagus, juga untuk pesta sangat bagus,” jelasnya.

Melihat perkembangan desain busana etnik Benuanta yang semakin menggeliat, istri orang nomor satu di Kaltara tersebut melihat peluang agar karya desain lokal ini bisa tampil di ajang fashion nasional.

“Kita bisa promosikan ke luar, di kancah nasional seperti Jakarta Fashion Week dan saya punya rencana, ketika saya tadi melihat alangkah bagusnya kalau batik Kaltara ini kita bawa,” tutup Rachma.

Sementara itu peraih juara 1 Fashion Show Batik Kaltara, Indah Nazia mewakili Biro Administrasi Pimpinan Kaltara mengungkapkan cukup lama tidak mengikuti ajang yang mengharuskan dirinya berlenggak lenggok bak model.

Baca Juga :  Gubernur Kaltara Ajak ASN dan Masyarakat Berzakat 

“Terakhir 2015, dan alhamdulillah rejeki dapat juara 1 mewakili Biro Adpim,” ucapnya. Dirinya berharap dunia fashion Kaltara terus berkembang, kreatif, dan diikuti lebih banyak peserta pada ajang fashion Kaltara berikutnya.

“Semoga peserta tidak hanya OPD di Kaltara, tapi juga kabupaten/kota supaya lebih heboh dan lebih ramai, lebih semangat, dan lebih termotivasi lagi,” tambahnya.

Ajang fashion menurutnya dapat terus meningkatkan para pelaku UMKM batik dan pengrajin lokal agar mampu menghasilkan karya unggul untuk dipamerkan. Menanggapi keinginan Ketua TP-PKK Kaltara Rachmawati Zainal untuk membawa fashion Kaltara ke ajang yang lebih bergengsi dirinya mengamini melihat perkembangan batik Kaltara.

“Perkembangan batik Kaltara sudah luar biasa sekali, bahkan kabarnya nanti akan tampil di pasar Indonesia di Belanda dan melihat potensi batik Kaltara saat ini kita bisa menembus pasar Jakarta Fashion Week,” tutup Indah.

Baca Juga :  Biro PBJ Kaltara Dorong Setiap OPD Gunakan E-Katalog

Berikut daftar pemenang Fashion Show Batik Kaltara :

Kategori Busana Kerja:
– Juara I Enggar Ariestyawan (BPSDM Kaltara)
– Juara II Iwan Kristian (Dinas ESDM Kaltara)
– Juara III Meli Triana (Dinkes Kaltara)
– Juara Favorit Sopriandi (Disnakertrans Kaltara)

Kategori Busana Pesta:

– Juara I Nazia Indah (Biro Adpim Kaltara)
– Juara II Erniwati (TP-PKK Kaltara)
– Juara III Suryaningsih (Dinas Pariwisata Kaltara)
– Juara Favorit Adelia Zulfianita (Biro Organisasi Kaltara). (CHAI/DKISPKaltara)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *