PTM Digulirkan, Disdikbud Kaltara Tekankan Sterilisasi Ruang Belajar

benuanta.co.id, TARAKAN – Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) wilayah Tarakan, Ahmad Yani meninjau langsung pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di beberapa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Tarakan.

Melalui tinjauan tersebut, ia menyebut PTM yang dilakukan sekolah telah melalui simulasi yang matang. Misalnya, penerapan protokol kesehatan yang terus ditekankan terhadap sekolah yang menggelar PTM.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1544 votes

“Kalau prinsip kami, ini proses tatap muka otomatis ada yang di kelas, dan tetap ada yang daring persiapannya pun sudah dimatangkan oleh teman-teman juga,” kata Ahmad Yani, Senin (25/10/2021).

Baca Juga :  Target Pengmpulan Zakat Kaltara Capai Rp 3 Miliar

Hal ini juga berlaku untuk sekolah kejuruan atau SMK. Sebab, ia menilai PTM merupakan hal penting untuk sekolah kejuruan, yang mana siswa harus lebih banyak praktik di sekolah.

“SMK khususnya kan praktek, tatap muka ini sangat diperlukan karena alatnya di sekolah semua, nggak ada di rumahnya,” bebernya.

Ia juga mengimbau, agar guru di sekolah tingkat kejuruan dapat memperhatikan protokol kesehatan. Termasuk ruangan dan alat praktik yang digunakan siswa harus se-steril mungkin.

Baca Juga :  MUI Minta Aparat Tak Ragu Tindak THM yang Nekat Buka Selama Ramadan

“Alatnya yang dipakai praktik juga disterilkan. Makanya kita tidak terpaku juga kalau gurunya mau dua hari PTM, dua hari daring silahkan. Yang penting ada waktu untuk sterilisasi,” terangnya.

Yani juga menyayangkan masih adanya orang tua siswa yang masih belum menyetujui anak untuk mengikuti PTM. Meskipun jumlah presentase orang tua tidak setuju tidak terlalu besar.

Baca Juga :  Baznas Kaltara Siapkan 18 Ton Beras untuk Mustahik

“Kecil presentasenya untuk orang tua yang tidak setuju anaknya PTM, hanya satu dua mungkin. Ya mungkin pada kurang mengerti saja,” tandasnya. (*)

Reporter : Endah Agustina

Editor : Yogi Wibawa/Nicky Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *