Panglima TNI: TNI Dan Polri Ujung Tombak Penanggulangan COVID-19

Bali – TNI dan Polri adalah ujung tombak penanggulangan Covid-19 di Indonesia karena dua lembaga itu memiliki rantai komando sampai seluruh pelosok negeri, kata Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, saat Apel Gelar Pasukan di Bali, Sabtu.

Rantai komando yang tersebar sampai pelosok negeri itu kemudian yang membantu sosialisasi protokol kesehatan sampai vaksinasi massal.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1555 votes

“TNI dan Polri adalah ujung tombak dalam penanggulangan Covid-19 karena TNI dan Polri memiliki rantai komando sampai ke seluruh pelosok negeri. TNI dan Polri memiliki infrastruktur yang dapat digunakan dalam penanganan Covid-19,” kata dia, saat memberi arahan pada Apel Gelar Pasukan di Lanud I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Baca Juga :  Marak PMI Kabur Gaji Tak Sesuai, Faktanya Memang Tak Prosedur

Oleh karena itu, dia mengingatkan seluruh pihak waspada terhadap gelombang ketiga Covid-19 yang oleh beberapa peneliti diprediksi akan terlihat pada akhir tahun.

“Kita merasa lega dan merasa senang dengan situasi yang semakin membaik, dan kondisi ini harus dipertahankan,” kata dia kepada pasukan yang ikut apel.

Terkait kedatangan wisatawan asing yang diizinkan masuk ke Bali sejak 14 Oktober 2021, dia meminta seluruh pihak menaati seluruh prosedur, termasuk disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Baca Juga :  Dampak Psikologis saat Gerhana

“Mari kita siapkan dengan baik. Seluruh komponen memiliki peran yang sama mempersiapkan kedatangan wisatawan mancanegara. TNI, Polri, Imigrasi, KKP, BNPB, Bea Cukai, Satpol PP memiliki peran yang sama menyadarkan masyarakat tentang peran protokol kesehatan yang harus jadi kebiasaan baru,” kata dia.

“Yang kedua, siapkan dengan baik penerimaan tamu wisatawan mancanegara dengan melaksanakan prosedur yang benar sampai karantina di hotel,” kata dia.

Baca Juga :  Marak PMI Kabur Gaji Tak Sesuai, Faktanya Memang Tak Prosedur

Ia yakin kerja sama antara TNI, polisi, dan berbagai unsur pendukung dapat membuat berbagai program pemulihan ekonomi, termasuk terbukanya Bali untuk wisatawan mancanegara, berjalan optimal.

Ia dan Kepala Kepolisian Indonesia, Jenderal Polisi Listyo S Prabowo, memberi arahan pada Apel Gelar Pasukan Kesiapan Kedatangan Wisatawan Mancanegara di Bali, Sabtu.

Keduanya, sebelum memberi arahan, meninjau secara langsung kesiapan tempat karantina dan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai menerima kedatangan wisatawan mancanegara.(ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *