Tim Beasiswa Kaltara Unggul Akan Bantu Pendaftar di Kabupaten Kota

benuanta.co.id, TARAKAN – Tim Beasiswa Kaltara Unggul mengagendakan untuk hadir di lima kabupaten kota di Kalimantan Utara (Kaltara). Hal tersebut dilakukan untuk membantu kendala pendaftar beasiswa khususnya di jenjang Perguruan Tinggi.

Plt Kepala Biro Kesra Provinsi Kalimantan Utara, H. Selamet Riady, S. STP., M. Si., mengatakan agenda tersebut direncanakan pada Senin 25 Oktober mendatang. Saat ini terdeteksi jumlah pendaftar jenjang mahasiswa sudah mencapai lima ribu pendaftar.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2000 votes

“Karena diperpanjang juga pendaftarannya, jadi kami nanti akan ada di kabupaten kota. Jika ada mahasiswa yang merasa ada kendala silahkan temui kami,” ujarnya, Jumat (22/10/2021).

Baca Juga :  Jelang Pilkada, Kabinda Kaltara Beberkan Potensi Besar Hoaks

Untuk lokasi di Kota Tarakan berada di SMAN 1 Tarakan, Kabupaten Nunukan SMAN 1 Nunukan, Kabupaten Malinau dan KTT di Kantor UPTD Cabang Disdikbud Malinau dan Kabupaten Bulungan di Kantor Gubernur Lantai 4 Biro Kesra.

“Jika terkendala langsung saja datang ke lokasi nanti akan kami bantu penginputanya, seperti kurang berkas atau lupa password,” tutur Selamet.

Kendala yang paling banyak diterima yakni persoalan jaringan yang kurang stabil. Tidak sedikit pendaftar yang lupa password dan kurang dalam melengkapi berkas.

Baca Juga :  Alat Tangkap Mini Trawl, DKP Kaltara: Sesuaikan Zona Penangkapan

Selamet menjelaskan, terdapat perbedaan dari beasiswa Kaltara Unggul tahun 2021 dengan Kaltara Cerdas tahun sebelumnya.

“Yang jelas nominalnya lebih besar, kedua kita buka segmen untuk SD dan SMP kalau tahun lalu kan hanya SMA dan Mahasiswa. Kemudian kita juga ada buka formasi untuk mahasiswa luar negeri,” jelasnya.

Terpisah, Kabid Pendidikan Khusus Disdikprov Kaltara, Joko Suprapto menyebutkan saat ini baru terlihat sebanyak 30 persen pelajar yang mendaftar. Hal tersebut disebabkan data pendaftar yang masih terdapat pada masing-masing kabupaten kota.

Baca Juga :  Usulan CASN Pemprov Kaltara Disetujui 

“Kita juga masih dibantu ya dari sekolah masing-masing, jadi datanya belum masuk untuk SD, SMP, SMA, SMK dan SLB,” tuturnya.

Joko menilai, animo pelajar saat ini sangatlah tinggi karena kategori beasiswa pelajar untuk SD dan SMP baru diadakan tahun ini. Terlebih lagi, nominal yang dijanjikan beasiswa Kaltara Unggul ini juga cukup besar.

“Animonya sangat tinggi karena nominalnya lebih besar. Kalau tahun lalu pelajar 500 ribu sekarang meningkat menjadi satu juta,” tuntasnya. (*)

Reporter: Endah Agustina
Editor: Matthew/Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *