oleh

Sambut Kedatangan Presiden Jokowi, Simulasi Vaksinasi di Aula SMPN 1 Tarakan

benuanta.co.id, TARAKAN – Persiapan kedatangan Presiden Joko Widodo ke Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), diwarnai dengan rangkaian kesiapan diantaranya kesiapan peninjauan vaksinasi pelajar dan vaksinasi door to door.

Bertempat aula SMP Negeri 1 Tarakan, tampak sterilisasi tempat, proses vaksinasi dan gladi resik tengah dilakukan.

Rombongan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) getol memberikan arahan kepada jajaran OPD Pemerintah Kota Tarakan dalam hal sterilisasi tempat vaksinasi, jalur keluar masuk kendaraan dan jarak aman lalu lintas Presiden.

Para pelajar yang menjadi sasaran vaksinasi, terlihat antusias menyambut kedatangan orang nomor satu di tanah air itu. Lantunan suara merdu gabungan pelajar yang sedang berlatih, menghiasi simulasi menyambut kedatangan Presiden esok hari. Terdengar paduan suara pelajar tersebut sedang berlatih lagu Babilin Yadu Yaki, khas suku Tidung.

Selain meninjau vaksinasi di provinsi termuda ini, Presiden RI itu bakal melakukan penanaman mangrove di Kabupaten Tana Tidung (KTT), esok hari, Selasa, 19 Oktober 2021. Penanaman mangrove akan dilakukan langsung oleh Presiden bersama Duta Besar Negara sahabat, yang akan tiba di Tarakan pada sore ini.

Baca Juga :  Nama Akbar Syarif Mencuat Sebagai Calon Ketua KNPI Kaltara, GP Ansor Kaltara: KNPI Kaltara yang Sekarang Jalan di Tempat

“Bapak Presiden Joko Widodo beserta rombongan akan bertolak ke KTT menggunakan tiga unit helikopter Super Puma. Rencananya, akan didamping Menteri LHK, Gubernur Kaltara, perwakilan Kedutaan Besar (Kedubes) Uni Eropa dan World Bank akan menanam bibit mangrove di desa tersebut,” terang Gubernur Kalimantan Utara, Drs H Zainal A. Paliwang SH, M.Hum saat mengikuti rapat persiapan kedatangan Presiden bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, Ahad, 17 Oktober 2021.

Sambung Gubernur, Presiden juga akan melakukan serangkaian kegiatan di Kota Tarakan. Diantaranya menghadiri acara vaksinasi door to door di Kota Tarakan. Serta menyalurkan Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung (BT-PKLW).

Baca Juga :  Gubernur Zainal Raih Penghargaan Indonesia Awards 2021

“Sementara masih kita rapatkan bersama Kepala Sekretariat Presiden. Mudah-mudahan sesuai dengan rencana, sehingga Bapak Presiden bisa kembali menyapa masyarakat Kaltara secara langsung,” kata Gubernur.

Dalam kunker Presiden ini, Kaltara juga mendapatkan bantuan vaksinasi sebanyak 5.500 dosis. Vaksin tersebut, nantinya disalurkan langsung ke masyarakat umum melalui program vaksinasi door to door.

“Kegiatan vaksinasi tersebut, akan ditinjau langsung oleh Presiden Jokowi dan Gubernur Kaltara setibanya di Tarakan usai melakukan penanaman bibit mangrove,” jelasnya.

Gubernur juga menyampaikan kondisi terkini di Kaltara. Kasus penyebaran Covid-19 di provinsi yang berbatasan langsung dengan Negara Malaysia ini sudah melandai. Meski mengalami penurunan, Gubernur meminta masyarakat Kaltara tetap menaati protokol kesehatan (prokes).

“Alhamdulillah, saat ini Kaltara sudah berada di level dua dari penyebaran Covid-19,” kata Gubernur.

Gubernur mengingatkan, masyarakat Kaltara harus tetap waspada dan tidak boleh lengah. Tujuannya, agar semua masyarakat Kaltara dapat terhindar dari Covid-19.

Baca Juga :  Tidak Mengacu SKB 4 Mendikbud, Vaksinasi Pelajar Jadi Hal Pendukung PTM

“Saya juga mengajak masyarakat untuk menyukseskan program vaksinasi di Kaltara ini, mari kita juga berdoa bersama-sama agar penyebaran Covid-19 dapat berakhir,” ajak Gubernur.

Dengan terus melandainya penyebaran Covid-19, Gubernur berharap, penerapan PPKM di Provinsi Kaltara bisa turun level satu. Sehingga kedepannya, kegiatan-kegiatan masyarakat dapat kembali berjalan normal seperti sedia kala.

“Mari kita terus mentaati prokes melalui gerakan mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilisasi (5M),” harap Gubernur.

Dalam kesempatan ini, Gubernur turut mengucapkan banyak terima kasih kepada masyarakat dan seluruh instansi, yang telah berupaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di provinsi termuda ini.

“Saya juga ucapkan terima kasih kepada semua pihak, karena telah bekerja keras menekan penyebaran Covid-19 di Kaltara,” tuntasnya.(*)

Reporter: Kristianto Triwibowo

Editor: Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *