oleh

Jadi Satuan Baru, Subdenpom VI/1-6 Bulungan Naik Tipe Jadi Denpom VI/3 Bulungan

benuanta.co.id, BULUNGAN – Pangdam VI Mulawarman Mayor Jenderal TNI Heri Wiranto meresmikan Subden Pom VI/1-6 Bulungan menjadi Denpom VI/3 Bulungan Pomdam VI/Mulawarman (Mlw). Hal itu tertuang ke dalam Keputusan Kepala Staf Angkatan Darat Nomor Kep 491/VIII/2021 tentang Pembentukan Denpom VI/3 Bulungan Pondam VI/Mulawarman.

Denpom VI/Bulungan merupakan satuan baru dalam Pomdam VI/Mlw, adapun Subdenpom jajaran Denpom VI/3 Bulungan merupakan alih Kodal dari Denpom VI/1 Samarinda meliputi Subdenpom VI/3-1 Nunukan dan Subdenpom VI/3-2 Tarakan.

“Pembentukan satuan Denpom VI/3 Bulungan di wilayah Tanjung Selor ini merupakan bagian dari penataan gelar satuan TNI AD dalam rangka pengembangan satuan guna menyikapi berbagai kemungkinan ancaman ke depan yang semakin kompleks,” ungkap Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto kepada benuanta.co.id, Senin 18 Oktober 2021.

Baca Juga :  Launching Aplikasi Si Payung Emakku untuk Permudah Masyarakat Melapor

Dia mengatakan Denpom VI/3 Bulungan merupakan pengembangan dari Subdenpom VI/I-6 Bulungan Denpom VI/1 Samarinda, sehingga yang semula Pomdam VI/Mulawarman memiliki satuan pelaksana 2 Denpom menjadi 3 Denpom yang meliputi Denpom VI/1 Samarinda, Denpom VI/2 Banjarmasin dan Denpom VI/3 Bulungan.

“Jadi, Denpom VI/3 Bulungan membawahi 3 Subdenpom yaitu Subdenpom VI/3-1 Nunukan, Subdenpom VI/3-2 Tarakan dan Subdenpom persiapan Malinau,” jelasnya.

Dia mengatakan, dengan pengembangan gelar satuan di TNI AD khususnya wilayah Kaltara yakni jajaran Korem 092 Maharajalila, dimana Korem ini akan membawahi unsur badan pelaksana korem (Balakrem) diantaranya Denpom dan detasemen lainnya.

Baca Juga :  Bupati Harapkan Peran Pemerintah Pusat Perbaiki Jalan Poros Tanjung Selor-Tanjung Palas Timur

“Segera kita susul Detasemen Kesehatan, Detasemen Zeni Bangunan (Zibang), Detasemen Peralatan (Denpal), Detasemen Perhubungan dan Ajenrem,” ucapnya.

Heri Wiranto menyebutkan, Denpom VI/3 Bulungan, komandannya akan dijabat oleh perwira berpangkat Letnan Kolonel (Letkol) Corps Polisi Militer (CPM).

“Dandenpom nya sudah ada tinggal menunggu definitif saja,” bebernya.

Dia menambahkan dalam menjalankan tugasnya, Polisi Militer dituntut agar lebih pro aktif menekan berbagai pelanggaran di lingkungan prajurit dengan lebih mengedepankan tindakan preventif atau pencegahan.

Baca Juga :  Pemkot Tarakan Harapkan Pemprov Perbaiki Fasilitas KKMB Sebelum Alih Pengelolaan

Oleh karena itu, keberadaan Denpom VI/3 Bulungan ini, memiliki peran penting dalam menyelenggarakan pemeliharaan dan penegakan disiplin, hukum dan tata tertib di wilayah Korem 092/Maharajalila dan juga diharapkan agar setiap penanganan permasalahan kasus/perkara yang melibatkan oknum TNI AD dapat diselesaikan secara maksimal.

“Sebagai penegak hukum,disiplin dan tata tertib, saya minta seluruh personel Denpom VI/3 Bulungan senantiasa bisa menjadi contoh dan teladan dengan terlebih dahulu melaksanakan penegakan disiplin, mematuhi hukum dan tata tertib dalam dirinya sendiri,” pungkasnya. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *