Ditreskrimum Lakukan Penyelidikan Terkait Laporan Penyerobotan Lahan di Wilayah KIPI

benuanta.co.id, BULUNGAN – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memerintahkan seluruh jajaran pada tingkat Polda hingga Polres menindak para mafia tanah. Hal itu merupakan instruksi PresidenRI Joko Widodo.

Terlebih di Bulungan bakal dibangun proyek strategis nasional (PSN) yakni pembangunan Kawasan Industri Pelabuhan Internasional (KIPI) Tanah Kuning Mangkupadi.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1969 votes

“Kita dari pihak kepolisian tentunya akan bertindak, karena inikan proyek nasional maka kita akan kawal. Kita imbau masyarakat tidak ada mafia tanah,” ungkap Kapolda Kaltara Irjen Pol Bambang Kristiyono melalui Direktur Reskrimum Polda Kaltara Kombes Pol Jon Wesly Arianto kepada benuanta.co.id,

Baca Juga :  Jelang Pilkada, Kabinda Kaltara Beberkan Potensi Besar Hoaks

Dia menuturkan jika beberapa isu adanya penyerobotan lahan hingga penerbitan surat tanah palsu di kawasan tersebut, namun pihaknya masih menunggu laporan resminya. Pasalnya Reskrim akan bertindak sesuai dengan laporan yang masuk.

“Kita bertindak jika laporan masuk, tapi hingga saat ini kita tetap monitor jika ada penyerobotan atau pemalsuan di lokasi KIPI,” jelasnya.

Baca Juga :  BMKG Perkirakan Potensi Hujan Lebat Terjadi di Beberapa Wilayah di Kaltara

Mantan Aditor Madya TK III Irwasda Polda Jateng ini mengatakan jika sampai saat ini ada satu laporan masuk. Namun pihaknya masih dalam batas penyelidikan terhadap laporan itu.

“Kasus masuk itu berupa penyerobotan lahan. Untuk kita minta jangan pernah ada mafia tanah di Kaltara,” ucapnya.

Terlebih Kaltara adalah provinsi baru, maka tidak menutup kemungkinan permainan harga tanah akan terjadi. Untuk itu kehadiran Polda Kaltara melalui Ditreskrimum Polda Kaltara untuk menekan dan mengantisipasinya.

Baca Juga :  Usulan CASN Pemprov Kaltara Disetujui 

“Saya pantau masalah tanah di Kaltara sangat dominan,” pungkasnya. (*) 

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Nicky Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *