oleh

Intensitas Hujan Kaltara Cukup Rendah, Suhu Siang Hari Capai 33-34 Derajat Celcius

benuanta.co.id, TARAKAN – Beberapa hari terakhir, Kalimantan Utara termasuk kota Tarakan dinilai memiliki cuaca dengan suhu yang cukup tinggi. Terlebih pada siang hari, suhu di kota Tarakan capai 33 hingga 34 derajat Celcius.

Kepada benuanta.co.id, Forecaster BMKG Kota Tarakan, Raa’ina Farah Nur Annisa, S. Tr., menjelaskan bahwa hal ini terjadi karena gerak semu matahari dan kelembaban udara yang tidak cukup tinggi.

“Seperti kita ketahui bahwa matahari ada gerak semu, jadi walaupun sebetulnya yang bergerak bumi, tapi ada yang disebut gerak semu matahari,” bebernya, Sabtu (16/10/2021).

Baca Juga :  Pajak Usaha Sarang Burung Walet Potensi Genjot PAD  

Untuk kelembaban udara yang dinilai rendah sehingga berdampak ke awan yang terbentuk tidak maksimal menjadi fenomena hujan. Hal inilah yang menyebabkan suhu masih terasa gerah meskipun pada malam hari.

“Karena tidak maksimal fenomena hujan, sehingga udara panas yang diakibatkan matahari juga tidak sempurna dilepaskan ke atmosfer, itulah masih terasa panas dimalam hari,” sambung Raa’ina.

Baca Juga :  Ribuan Pekerja dan Buruh Geruduk Kantor Walikota

Fenomena ini diperkirakan BMKG Kota Tarakan akan terus terjadi selama beberapa hari ke depan. Diungkapkan Raa’ina, masih ada potensi hujan ringan, walaupun dengan intensitas yang cukup rendah.

“Dalam beberapa hari ke depan sebetulnya Kaltara masih berpotensi terjadi hujan, tapi intensitasnya cukup rendah,” katanya.

Intensitas hujan yang rendah ini diakibatkan oleh awan yang terbentuk tidak maksimal sehingga tidak cukup untuk terjadi hujan. (*)

Baca Juga :  Hadir di Hadapan Para Pendemo, Walikota Khairul : Beri Kami Waktu

Reporter: Endah Agustina

Editor: Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *