oleh

Berkah Maulid Nabi, Pedagang Pernak-Pernik di Nunukan Ramai Pembeli

benuanta.co.id, NUNUKAN – Mendekati hari raya Maulid Nabi Muhammad SAW yang diperingati setiap 12 Rabiul awal, pedagang pernak-pernik ramai dikunjungi pembeli. Jualan musiman pernak pernik seperti bunga malai maupun ember hias dijual di pasar-pasar seperti di sekitar pasar Yamaker Nunukan.

Samsiah (50), salah satu pedagang pernak-pernik bunga malai mengatakan dirinya membuat sebanyak 10 ribu pernak-pernik dengan harga yang bervariasi. Pernak-pernik biasanya dijual Rp 2 ribu per batang, sedangkan yang terbuat dari kain berkisar Rp 10 ribu per 3 batang tergantung dari bahan pengrajin.

“Pembeli pernak-pernik bunga malai ini tidak hanya dari Nunukan, tapi ada dari luar seperti Sembakung, Sebuku dan Sei Manggaris. Bahkan kita juga kirim ke kota Tarakan dan KTT,” kata Samsiah kepada benuanta.co.id, Jumat (15/10/2021).

Baca Juga :  Pertamina Jamin Stok Elpiji di Tarakan Aman

Samsiah yang dibantu saudaranya bisa memproduksi bunga malai sebanyak 1000 batang dalam sehari. Sedangkan penjualan bisa mendapat sebesar Rp 400 ribu dalam sehari.

“Di tahun 2021 ini antusias pembeli sangat banyak dibandingkan tahun 2020 yang cenderung sepi dari pembeli,” jelasnya.

Selain bunga malai, juga terdapat ember hiasan dengan harga yang bervariasi dari Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribu tergantung dari besar embernya.

Baca Juga :  Bencana Alam Kian Meningkat, BPBD Kaltara Rekonstruksi Pascabencana

Samsiah juga menceritakan, sudah puluhan tahun pernak-pernik bunga malai dan ember menjadi tradisi masyarakat Nunukan khususnya menjelang perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW.

“Sebelum membuat bunga malai ini kita juga terlebih dahulu mencari tutorial di sosialisasi media seperti YouTube, tidak ada kesulitan dalam pembuatan, karena telah terbiasa dan menekuni kerajinan ini selama 6 tahun,” terangnya. (*)

Baca Juga :  Diduga Hubungan Asmara, Seorang Pemuda di Nunukan Akhiri Hidup dengan Gantung Diri

Reporter: Darmawan
Editor: Matthew/Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *