oleh

Melalui Pelatihan, Bupati Tana Tidung Berharap UMKM Tambah Inovatif dan Kreatif

TANA TIDUNG – Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Tana Tidung mendapat pelatihan pemasaran online, berupa fasilitas usaha mikro menjadi usaha kecil dalam pengembagan, produk dan pengolahan, pemasaran, sumber daya manusia serta desain teknologi. Pelatihan itu dibuka langsung oleh Bupati Tana Tidung, Ibrahim Ali pada Kamis, 14 Oktober 2021.

“Saya atas nama pemerintah daerah sangat mengapresiasi kepada para pelaku usaha yang memiliki semangat mengikuti pelatihan pengembangan usaha mikro dengan orientasi peningkatan skala usaha menjadi usaha kecil. Ini juga bentuk komitmen saya dengan pak Wabup, kita semua menginginkan UMKM yang ada di KTT ini agar lebih kreatif dan inovatif dalam menjalankan usahanya,” terangnya.

Dijelaskan Bupati Tana Tidung, keberadaan UMKM tidak dapat dihapuskan atau dihindarkan dari masyarakat saat ini. Keberadaan UMKM sangat bermanfaat dalam hal pendistribusian pendapatan masyarakat. Selain itu juga mampu menciptakan kreativitas yang sejalan dengan usaha untuk mempertahankan, dan mengembangkan unsur-unsur tradisi kebudayaan masyarakat setempat.

Baca Juga :  Bupati KTT Optimis Bangun Gedung Pemerintahan Baru di Tahun 2022

“Di sisi lain, UMKM mampu menyerap tenaga kerja dalam skala yang besar mengingat jumlah penduduk Indonesia, khususnya Kabupaten Tana Tidung yang besar dalam hal daya beli masyarakatnya. Sehingga hal ini dapat menjadi solusi terbukanya berbagai peluang-peluang usaha UMKM serta dapat mengurangi tingkat pengangguran di daerah dan bangsa,” tuturnya.

Program pengembangan usaha mikro dengan orientasi peningkatan usaha kecil melalui pelatihan pemasaran online ini merupakan salah satu instrumen untuk menaikkan daya beli masyarakat khususnya di wilayah Kabupaten Tana Tidung. Terlebih dalam waktu dua tahun belakangan ini, Pandemi Covid-19 sangat berdampak pada penurunan daya beli masyarakat.

Sehingga dibutuhkan adanya gebrakan dan pengembangan serta strategi melalui bagaimana produk-produk UMKM, tidak hanya dijual melalui gerai, gerobak, warung, dan home industri. Tetapi mampu dipasarkan melalui pemasaran berbasis online baik usaha kuliner, hasil pertanian dan perkebunan, serta produk-produk karya cipta kreasi daerah sehingga dengan begitu Kabupaten Tana Tidung pada akhirnya akan menjadi katup pengaman dari situasi krisis moneter.

Baca Juga :  Pemkab KTT Gelar Pasar Murah di Tana Lia, Warga Merasa Terbantukan

“Saya mau dengan adanya pelatihan ini, apapun yang kita dapatkan hari ini bukan hanya temporer saja. Tetapi juga berkesinambungan dan tentunya dapat berinovasi dan berkreasi pada UMKM ini agar bisa membanggakan Kabupaten Tana Tidung, melalui produk-produk unggulan yang bisa dipasarkan,” pungkasnya.

“Ke depannya saya minta teman-teman pelaku UMKM harus saling bersinergi. Kami dalam hal ini pemerintah daerah juga akan berusaha memberikan yang terbaik, lebih cerdas, inovatif dan kreatif, serta tentunya kualitas produk yang dihasilkan harus dijaga, dan tetap menonjolkan kekhasan daerah kita,” tambahnya.

Baca Juga :  Tiga Pelabuhan di Desa Bebatu Menunggu Akses Jalan Darat ke Pemprov

Bupati berpesan agar para pelaku UMKM jangan terlalu berharap pada anggaran APBD, meski pemerintah memprogramkan bantuan kepada UMKM, itu semata-mata untuk memberikan semangat kepada para pelaku usaha.

Orang nomor satu di KTT ini berharap pelatihan pemasaran online dapat melahirkan para entrepreneur muda. Tentunya yang kreatif dan inovatif dalam memasarkan produk-produk hasil usahanya, dengan memanfaatkan teknologi digital melalui berbagai aplikasi jual beli online maupun media sosial.

“Saya berpesan dengan adanya pelatihan pemasaran online ini bisa menjadi momentum khususnya bagi para usahawan muda Kabupaten Tana Tidung untuk dapat menjadi agen-agen penggerak roda perekonomian di daerah, dengan membentuk desa preneur sehingga akan terwujud Tana Tidung yang bermartabat, sejahtera, indah dan humanis,” tutupnya. (bn1)

Editor : Nicky Saputra

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *