oleh

Race Boat Dinilai Mengangkat Potensi Maritim dan Olahraga Rekreasi Kaltara

benuanta.co.id, TARAKAN – Race Boat Tingkat Regional Kalimantan yang diselenggarakan oleh Ikatan Pemuda Sulawesi Selatan (IPSS) Kalimantan Utara (Kaltara) di Mako Polairud, ditargetkan dapat mengangkat potensi kemaritiman dan prestasi tingkat nasional bagi Kaltara.

Gubernur Kaltara, Drs. H. Zainal Arifin Paliwang, SH.,M.Hum mengakui kegiatan Race Boat merupakan sarana olahraga rekreasi masyarakat yang bila ditekuni dapat menyandang prestasi tersendiri.

“Race boat kita harapkan dapat menjadi olahraga rekreasi masyarakat. Berpotensi juga untuk bisa lanjut ke kancah nasional,” terang Drs. H. Zainal Arifin Paliwang, SH.,M.Hum kepada benuanta.co.id, pada Rabu, 13 Oktober 2021.

Selain bertekad untuk menggapai prestasi, Ketua Ikatan Pemuda Sulawesi Selatan (IPSS) Kaltara, Hasbudi, S.Sos, menerangkan bahwa perlombaan bertujuan untuk menunjukkan kepada masyarakat luas akan besarnya potensi kemaritiman di Indonesia, khususnya Kaltara mulai dari potensi SDA hingga potensi SDM di bidang olahraga rekreasi masyarakat seperti Race Boat.

Baca Juga :  Kemenag Tarakan Sebut Saksi Yehuwa Dapat Pengakuan Hukum

“Kita melihat Indonesia wilayah lautnya sangat luas. Di samping itu jumlah speed boat di Kaltara sangat banyak, yakni sekitar 5 ribuan. Kemudian 65 persen penduduk Kaltara bekerja sebagai nelayan. Inilah menjadi alasan untuk menyatukannya pada momen HUT Kaltara ke-9 ini,” tuturnya.

Lanjut dia, kegiatan tersebut bisa diharapkannya menjadi momentum silaturahmi warga Kaltara. Pihaknya tetap berupaya agar kegiatan ini mampu menggaet atlet yang berpotensi di Kaltara untuk diikutkan di event serupa di kancah nasional, mengingat perlombaan ini juga termasuk dalam kategori olahraga rekreasi masyarakat.

Baca Juga :  Masyarakat Berikan Jempol Layanan Vaksinasi Malam Hari

“Pada perlombaan ini penyelenggara mempersiapkan total hadiah sebanyak Rp150 juta. Hadiah tersebut diperuntukan bagi para pemenang. Selain itu, pihak penyelenggara juga akan memberikan doorprize bagi penonton yang mengikuti konvoi kapal pada saat pembukaan,” terang ia saat memberikan sambutan.

Lanjutr dia, ajang Race Boat ini merupakan agenda rutin digelar setiap tahun meski sempat vakum selama 2 tahun sejak pandemi melanda. “Lomba speed ini sudah dua tahun tidak ada, jadi sudah saatnya dilaksanakan,” ucap dia.

Baca Juga :  Pembangunan Tambahan Panjang Dermaga Malundung Digarap Tahun 2022

Sementara itu, Ketua Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kaltara, Brigjen TNI (Inf), Sulaiman  merespon kegiatan tersebut sebagai kegiatan positif yang dapat meningkatkan partisipasi masyarakat Kaltara membangun kebersamaan.

“Race boat merupakan arahan kami (KKSS Kaltara) kepada IPSS Kaltara agar mengadakan kegiatan-kegiatan positif yang dapat melibatkan pemuda. Antusias masyarakat sangat baik, karena sebagian besar masyarakat Kaltara itu bekerja di laut seperti nelayan,” terang Sulaiman.

Pria yang juga menjabat sebagai Kepala BIN Daerah (Kabinda) Kaltara itu pun menilai kegiatan ini sebagai langkah pembinaan berkelanjutan untuk mencari bibit-bibit atlet, guna bertanding hingga ke nasional. (*)

Reporter : Kristianto Triwibowo

Editor : Nicky Saputra

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *