oleh

Dukcapil Dukung NIK Sekaligus NPWP, Transformasi Digital Sistem Single Identity Number

benuanta.co.id, TARAKAN – Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan menjadikan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dalam KTP menjadi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) sebagai wajib pajak orang pribadi. Pemberlakuan ini akan mengintegrasikan sistem administrasi perpajakan dengan basis data kependudukan.

Pemberlakuan NIK menjadi NPWP ini diatur dalam UU Harmonisasi Peraturan Perpajakan yang disepakati oleh Pemerintah dan DPR pada sidang Paripurna Kamis lalu (7/10/2021). Pemberlakuan ini tidak otomatis menyebabkan pemilik NIK akan dikenai pajak. Pengenaan pajak bagi pemilik NIK harus memenuhi syarat subjektif sebagai subjek pajak dan objektif, yakni mendapatkan penghasilan setahun di atas batas penghasilan tidak kena pajak.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tarakan, Hamsyah mengatakan sangat mendukung wacana ini. Menurutnya, hal ini merupakan suatu transformasi digital yang baik dengan sistem Single Indentity Number.

Baca Juga :  Hadir di Hadapan Para Pendemo, Walikota Khairul : Beri Kami Waktu

“Bagus ini jadi gini era sekarang harusnya memang tidak banyak kartu, dengan Single Indentity Number satu nomor NIK dapat dipakai untuk layanan apapun,” katanya, Rabu (13/10/2021).

Sebagai penyedia data, dirinya tidak terlalu memusingkan untuk masyarakat yang wajib membayar pajak nantinya. Karena hal itu merupakan kewajiban dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya.

Baca Juga :  20 WBP Lapas Tarakan Terima Penghargaan Pelatihan Home Industri

“Kita tidak masalah untuk wajib pajaknya, karena itu bukan kewenangan kami juga kan itu pusat yang atur dan OPD yang membidangi yang bertanggung jawab,” imbuh Hamsyah.

Lanjut, Hamsyah menegaskan bahwa nanti untuk realisasinya akan bersamaan dengan e-KTP, yang mana semua data akan menjadi satu dalam satu aplikasi. Tentunya ini menjadi kemudahan tersendiri untuk suatu daerah. Terutama kota Tarakan yang memiliki jumlah penduduk sekitar 240 Ribu jiwa.

Baca Juga :  Perayaan Kuningan, Umat Hindu Panjatkan Puji Syukur Kepada Tuhan

“Kalau realisasinya kita belum tau ya, kita nunggu saja dan siapkan datanya dan nanti akan menuju ke KTP Elektronik juga sekalian,” jelasnya.

Aplikasi ini nantinya tak hanya dimuati oleh KTP saja, juga akan berisi data tentang Kartu Keluarga (KK).

“Aplikasi KTP kalau hilang atau berubah datanya juga akan langsung tersimpan dan nanti menjadi satu di dalam ada KK nya,” tandasnya.(*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *