oleh

UMKM Diharapkan Mampu Memanfaatkan Pelatihan Koperasi dan Wirausaha

benuanta.co.id, MALINAU – Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) diharapkan memanfaatkan pelatihan perkoperasian dan kewirausahaan yang diselenggarakan di ruang Tebengang Lantai II Kantor Bupati Malinau pada Senin, 11 Oktober 2021.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malinau, Ernes Silvanus, S.Pi,.MM mengatakan pelatihan tersebut juga diikuti oleh pengurus anggota Koperasi dan pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK).

Ernes menjelaskan, Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Malinau menyelenggarakan kegiatan pelatihan ini dengan maksud untuk membekali pengetahuan, sikap dan keterampilan peserta tentang perkoperasian dan kewirausahaan sesuai jati diri para peserta.

“Unsur yang paling penting ialah memiliki sikap dan pemahaman yang baik dan benar. Sehingga dengan memberikan bekal kepada peserta agar mereka mempunyai kesadaran akan perannya sebagai motivator pengembangan koperasi dan usaha mikro dan kecil di lingkungannya,” sebut Ernes.

Ernes berharap, kedepannya setiap masyarakat yang tergabung bisa menjadi anggota koperasi dan Kabupaten Malinau akan merasakan manfaatnya khususnya dalam peningkatan ekonomi keluarga.

“Yang paling berdampak hasilnya itu kan ekonomi mikro kecil. Seperti usaha mandiri di rumah dan lainnya. Hal ini yang ingin kita capai dalam kegiatan ini, di mana setiap masyarakat bisa menyadari potensi dari peluang usaha skala kecil ini,” ujarnya.

Selain itu, Ernes juga menyampaikan keinginannya agar masyarakat Malinau dapat semakin mandiri dalam berbagai aspek. Termasuk membangun kehidupan dengan usaha kecil agar dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Saya berharap dengan pelatihan ini, para peserta bisa lebih telaten dan berkompeten dalam membangun usaha dan menjalankan koperasi kemasyarakatan. Serta memanfaatkan ilmu yang didapatkan dalam untuk disalurkan kembali kepada masyarakat yang lain,” tutupnya. (*)

Reporter: Osarade
Editor: Matthew/Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *