oleh

UMKM di Malinau Dinilai Tumbuh Sehat, Ini Kata Pelaku UMKM

benuanta.co.id, MALINAU – Pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Malinau dinilai baik-baik saja selama pandemi Covid-19. Pernyataan itu menuai respon dari pelaku UMKM.

Salah satu pelaku UMKM cafe bernama Ate yang ditemui benuanta.co.id mengatakan pertumbuhan UMKM sangat berbeda dengan pertumbuhan ekonomi pelaku UMKM, dimana penghasilannya selama masa periode pemberlakukan PPKM pandemi Covid-19, justru mengalami penurunan.

“Kalau dikatakan pelaku UMKM bertambah, mungkin iya tapi gak banyak. Namun yang pasti kemarin saat PPKM kita mengalami penurunan omzet. Penghasilan per harinya kita kadang mengalami kerugian kadang juga untung tapi tidak banyak,” kata Ate, Selasa, 12 Oktober 2021.

Baca Juga :  UMP Kaltara Naik Sebesar 0.53%, Buruh Merasa Kecewa 

Meski demikian, Ate mengaku tetap dapat mempertahankan pelanggannya meski harus terkendala dengan aturan PPKM pemerintah.

“Usaha harus tetap dibuka, karena ini mata pencaharian kita. Kebijakan pemerintah dalam membantu UMKM seperti saya saat itu mungkin ada dampak positifnya, tapi dampaknya tidak terlalu signifikan,” ujarnya.

Pelaku UMKM lainnya, Zul justru memberikan penilaian yang berbeda. Ia mengaku penghasilan dari usahanya di bidang cafe justru sama saja baik sesudah PPKM maupun saat PPKM.

Baca Juga :  Penuhi Kebutuhan Warga Krayan, Pertamina Terbangkan Ratusan Tabung Elpiji

“Namanya rejeki kan berbeda-beda tiap orangnya, kalau kurang pelanggan saat PPKM itu memang terjadi. Tapi kita mengupayakan pelayanan dengan menggunakan orderan antar-jemput untuk mempertahankan penghasilan,” bebernya.

Saat disinggung mengenai program bantuan pemerintah terhadap pelaku UMKM, Zul justru mengaku belum mengetahuinya.

“Kalau bantuan seperti apa saya belum tahu. Tapi kalau bantuan seperti mempermudah pinjaman di Bank itu saya pernah dengar dan semoga benar. Pasalnya program seperti itu pastinya sangat membantu permodalan bagi pelaku UMKM seperti kita,” tutupnya.(*)

Baca Juga :  Kebakaran Ludeskan 4 Rumah Warga Desa Malinau Hulu

Reporter: Osarade

Editor: Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *