oleh

Kejar DOB Tanjung Selor untuk Persiapan Pemindahan Ibukota Kabupaten Bulungan ke Tanjung Palas

benuanta.co.id, BULUNGAN – Permintaan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bulungan untuk memindahkan ibukota Kabupaten Bulungan ke Tanjung Palas dari Tanjung Selor. Mendapat respon positif dari Pemerintah Kabupaten Bulungan.

Bupati Bulungan Syarwani mengatakan aspirasi dari DPRD Bulungan ini menjadi langkah percepatan sekaligus menjadi Tanjung Selor sebagai daerah otonomi baru (DOB) segera terwujud.

“Maka secara otomatis pemindahan ibukota Kabupaten Bulungan kedepan, salah satunya yang disampaikan oleh DPRD adalah Tanjung Palas,” ungkap Bupati Bulungan Syarwani kepada benuanta.co.id, Senin 11 Oktober 2021.

Baca Juga :  Bupati Bulungan Minta Hasil SAKIP Dipertahankan dan Ditingkatkan

Dia mengatakan Pemkab Bulungan akan melakukan kajian, pihaknya tidak serta merta menerima begitu saja. Tapi dirinya mengedepankan untuk mengkaji dan melakukan komunikasi dengan Pemerintah Pusat untuk menentukan kelayakan dan kondisi strategis Kecamatan Tanjung Palas sebagai ibukota Kabupaten Bulungan.

“Untuk menuju DOB itu kita tetap berproses, utamanya DOB Tanjung Selor yang harus dilakukan dulu. Semakin cepat DOB maka semakin cepat pergeseran ibukota Kabupaten Bulungan ke depan akan mengikuti dengan sendirinya,” ujarnya.

Baca Juga :  Syarwani Harap Peran Insinyur Bisa Membangun dan Penataan Wilayah Bundaran

Mantan Ketua DPRD Bulungan ini mengatakan tidak perlu ada pemekaran wilayah baru berupa kecamatan dan desa jika untuk pemindahan ibukota Kabupaten Bulungan. Pasalnya, yang ada saat ini dengan 10 kecamatan sudah lebih dari cukup.

“Tanpa ada pemekaran pun, syarat itu masih terpenuhi secara fisik. Jadi yang perlu dikejar untuk pemenuhan secara fisik itu adalah Tanjung Selor sebagai DOB,” ucapnya.

Baca Juga :  Dinkes Serahkan Ambulans untuk Permudah Layanan Masyarakat Rujukan ke RS

Dia menambahkan, menjadi penyanggah ibukota negara kedepan, Bulungan harus siap menangkap setiap potensi dan peluang. Salah satunya adalah hadirnya Kawasan Industri Pelabuhan Internasional (KIPI) Tanah Kuning Mangkupadi.

“Kemudian bagaimana mengoptimalkan nanti dengan kemampuan dengan penyiapan kawasan pangan itu sendiri,” paparnya.

Dirinya pun telah menyampaikan kepada Kementerian Pertanian tentang usulan penyiapan kawasan pangan di Bulungan.(*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *