oleh

SKPP di Kaltara, Tekad Bawaslu RI Cetak Pengawas Partisipatif

benuanta.co.id, TARAKAN – Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) d Kalimantan Utara (Kaltara), menoreh antusias yang tinggi oleh kalangan milenial pada Kamis, 7 Oktober 2021, sehingga Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) berharap keterlibatan semua elemen masyarakat dalam pengawasan pemilu kian meningkat

Kegiatan tersebut pun disukseskan oleh Bawaslu Provinsi Kaltara dan Bawaslu kabupaten/kota terlebih Bawaslu Kota Tarakan sebagai tuan rumah di Bumi Benuanta.

Dihadiri langsung oleh Ketua Bawaslu RI, Abhan bertempat di Swiss-Bel Hotel, melalui sambutannya ia menyampaikan apresiasi yang besar terhadap antusias kaum muda mengikuti SKPP angkatan ke IV tahun 2021 itu.

Baca Juga :  Ibrahim Ali Optimis PAN di Kaltara dapat Berjaya Kembali

Terlaksana hingga Sabtu, 9 Oktober 2021 mendatang, Ketua Bawaslu RI menuturkan SKPP merupakan program yang kian berkembang sehingga ditunggu-tunggu oleh masyarakat utamanya anak muda. Abhan melihat antusiasme ini didukung karena hausnya mereka akan pengetahuan kepemiluan sehingga idealisme dan semangat yang belum terkontaminasi masih sangat tinggi.

“Saya berharap rekan-rekan bisa menjadi alumnus yang menjadi simbol pengawasan partisipatif di wilayah masing-masing dan akan menjadi agen yang menyebarkan virus pengawasan,” ucap Abhan dalam sambutannya.

Baca Juga :  Gubernur Kaltara Targetkan Jalan Malinau Krayan Tembus

“Baik Pemilu maupun pemilihan menjadi sebuah kompetisi yang legal untuk mencapai kekuasan, sehingga jelas harus ada pengawasan yang ketat di sana,” sambungnya.

Selain itu, ia mengemukakan bahwa pengawas di tingkat pusat maupun daerah di seluruh Indonesia sangatlah terbatas. “Ketika ada alumnus SKPP maka pekerjaan Bawaslu menjadi terbantu,” imbuhnya.

Terlebih juga, Ketua Bawaslu RI memetakan bahwa potensi pelanggaran tidak kenal lelah dan jam sehingga Bawaslu terus mendorong adanya gerakan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu dan pemilihan.

Baca Juga :  Trouble Engine, Pesawat Kinabalu-Balikpapan Hilang Kontak di Perbatasan Kaltara

Melalui SKPP ini, pihaknya berharap potensi pelanggaran bisa ditekan, dan dapat tercipta pemilu yang bersih.

“Harapannya pemilihan bisa melahirkan pemimpin yang amanah yang tujuan akhirnya menciptakan kesejahteraan masyarakat. Maka dengan SKPP kita juga berharap melahirkan kader pengawasan partisipatif yang idealis, berintegritas, dedikasi, kreatif dan inovatif,” terangnya.(*)

Reporter: Kristianto Triwibowo

Editor: Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *