oleh

Sekjen Gerindra Ahmad Muzani Minta Kader Meneladani Perjuangan Pahlawan

Ziarah ke Makam Pangeran Diponegoro dan diterima langsung salah satu keturunan Pangeran Diponegoro, Raden Hamzah Diponegoro

 

Makassar – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra, Ahmad Muzani menyempatkan waktu untuk berziarah ke makam pahlawan nasional Pangeran Diponegoro ketika berkunjung ke Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Jumat 8 Oktober 2021 kemarin.

Saat berziarah, Wakil Ketua MPR itu didampingi Ketua Gerindra Sulsel Andi Iwan Aras beserta pengurus, anggota Komisi IV DPR Azikin Sultan, anggota Komisi II DPR  Prasetyo Hadi dan Wakil Sekjen Gerindra Fauzi Badilah.

Dalam kunjungannya, Ahmad Muzani diterima langsung salah satu keturunan Pangeran Diponegoro, Raden Hamzah Diponegoro.

Kesempatan itu, ketua Fraksi DPR ini menyampaikan terimakasihnya kepada Raden Hamzah karena telah memberikan sambutan hangat.

Baca Juga :  Sekwan Tindak Lanjuti Pencopotan Ketua DPRD Kaltara Norhayati Andris

Ahmad Muzani bercerita, bahwa perang Diponegoro merupakan salah satu peperangan terbesar yang pernah terjadi di Nusantara dalam sejarahnya.

“Dalam sejarah yang kita baca, perang Diponegoro adalah salah satu perang terbesar, yang menyebabkan pemerintahan kerajaan Belanda bangkrut, ” kata Muzani.

Selain itu, perang Diponegoro juga disebut menelan korban jiwa yang cukup banyak dengan durasi waktu peperangan paling lama.

“Perang ini menelan korban yang besar dari kedua belah pihak, jadi perang yang paling besar, paling lama dengan perjuangan yang panjang.”

” Perlawanan dan perjuangan Pangeran Dipononegoro di tanah Jawa dalam melawan Belanda sangat luar biasa, sejak 1825 sampai 1830, selama 5 tahun tanpa henti berperang di tanah Jawa,” beber Muzani.

Baca Juga :  Siti Laela Resmi Pimpin DPD Golkar, Siap Cetak Kader Milenial

Bahkan diakui Muzani, mengacu dari sejarah tersebut kemudian Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto meminta seluruh kadernya untuk meneladani perjuangan dan keteladanan para pahlawan.

Seperti halnya Pangeran Diponegoro, Sultan Hasanudin, dan semua pahlawan nasional lainnya yang pernah berjuang untuk negeri ini di masa penjajahan.

“Itulah mengapa dalam setiap acara Partai Gerindra, kami selalu memasang foto-foto para pahlawan nasional, seperti Pangeran Diponegoro, Sultan Hasanuddin dan para pahlawan lainnya.”

” Pak Prabowo selalu menyampaikan kepada kami bahwa para pahlawan yang wajahnya terpampang itu bukan sekedar penghias dinding dan ruangan, tapi kata Pak Prabowo ingin agar kita semua seluruh kader Gerindra bisa meneladani perjuangan mereka,” pinta Muzani.

Baca Juga :  Dapat Restu Pengurus DPD Hanura, Muncul Calon Tunggal Sebagai Ketua DPC

Maka dari itu, Ahmad Muzani berharap seluruh kader Gerindra bisa melanjutkan cita-cita dan semangat perjuangan pahlawan nasional seperti Pangeran Diponegoro dalam setiap lembar sejarahnya.

Generasi penerus, kata Muzani, harus memupuk semangat yang kuat untuk memperjuangkan Indonesia yang adil makmur dan sejahtera.

“Saya kira kita sebagai generasi penerus harus menghormati perjuangan para pahlawan, ziarah yang dilakukan ini adalah bagian dari cara kami menghormati perjuangan beliau. ”

“Harapannya kita bisa meneladani dan meneruskan atas apa yang telah dirintis oleh para pahlawan itu,” imbuhnya. (*)

 

Reporter : Akbar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *