oleh

Sambut Hari Jadi Bulungan dan Tanjung Selor, Pemkab Lakukan Pemberian 10 Ribu Vaksin 

benuanta.co.id, BULUNGAN – Dalam rangka hari jadi Kota Tanjung Selor ke-231 tahun dan Kabupaten Bulungan Ke-61. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan lakukan gebyar vaksin Bulungan Semisa 2021 untuk mempercepat vaksinasi di 10 kecamatan di Bulungan.

“Jumlahnya 10 ribu vaksin, sebenarnya sudah berjalan sejak 1 Oktober kemarin. Nah di hari Senin (11/10) besok kembali dilaksanakan, saya utamakan untuk anak sekolah,” ungkap Bupati Bulungan Syarwani kepada benuanta.co.id, Jumat 8 Oktober 2021.

Kata dia, selain anak sekolah di atas usia 12 tahun. Sasaran 10 ribu vaksin itu juga diperuntukkan bagi masyarakat umum yang belum mendapatkan vaksin selama ini. Sehingga dengan percepatan vaksinasi ini, Pemkab mengklaim sudah mencapai diangka 50 persen.

Baca Juga :  Jalan Nyaris Putus, Pemdes Salimbatu Minta Diperhatikan Pemda

“Paling tidak kalau dia dosis 1 dan 2 itu di atas 50 persen. Karena paripurnanya itu sampai di dosis 2 minimal,” bebernya.

Syarwani menjabarkan kenapa angka dosis pertama dan kedua tidak sama. Pasalnya untuk pemberian vaksin dosis pertama tidak bersamaan pelaksanaannya atau ada jeda. Lalu faktor lain yang mempengaruhi angkanya tidak sama.

Saat diberikan vaksin pertama kemudian ada jeda sebulan dan saat itu penerima vaksin dalam keadaan kurang sehat, maka tidak bisa diberikan vaksin sebelum ada skrining kembali.

Baca Juga :  Dua Puskesmas Terpencil di Bulungan Sabet Penghargaan dari Kemenkes

“Kadangkala yang pernah sakit maka tidak bisa diizinkan mendapat vaksin kedua dengan cepat maka ditunda dulu,” paparnya.

Angka vaksinasi Kabupaten Bulungan menunjukkan angka yang paling tinggi di Kaltara. Sehingga target mencapai Herd Immunity paling tidak sampai di akhir tahun 2021.

“Mudah-mudahan di bulan Desember sudah klir, target paling lambat,” jelasnya.

Mantan Ketua DPRD Bulungan ini menyebut, salah satu kecamatan yang ditargetkan bisa menjadi penyumbang Herd Immunity adalah Kecamatan Tanjung Palas Timur. Setidaknya ada 10 ribu vaksin yang menyasar ke 8 desa di wilayah tersebut.

Baca Juga :  HUT Kesehatan Nasional ke-57, Ikut Vaksin Dapat Doorprize

“Sebelum kedatangan pak Presiden ke Tanjung Palas Timur, kalau tidak bisa mencapai angka 100 persen setidaknya ada 70 persen yang bisa kita laporkan,” ujarnya.

Perlu diketahui, kedatangan Presiden RI Joko Widodo dalam waktu dekat di Bulungan, khususnya di Kecamatan Tanjung Palas Timur untuk melakukan groundbreaking di Kawasan Industri Pelabuhan Internasional (KIPI) Tanah Kuning Mangkupadi. (*) 

Reporter: Heri Muliadi

Editor : Yogi Wibawa

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *