oleh

Pembangunan 18 Sekolah Perbatasan Rampung, Pemkab Nunukan Tunggu Penyerahan dari PUPR

benuanta.co.id, NUNUKAN – Kementerian PUPR terus membangun sekolah-sekolah bagi anak-anak Indonesia di perbatasan Kalimantan Utara (Kaltara). Salah satunya di Kabupaten Nunukan, sebanyak 18 unit Sekolah Dasar (SD) dan SMP yang telah rampung namun belum diserah terima ke pemerintah daerah Nunukan.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Nunukan, Taufiq mengatakan, pembangunan ini dirancang oleh pemerintah pusat untuk diusulkan untuk sekolah-sekolah yang ada di wilayah perbatasan yang bangunannya sudah usang tidak layak dan harus dibangun yang baru.

Karena wilayah perbatasan menjadi perhatian khusus pemerintah pusat terhadap pembangunan sarana prasarana sekolah di perbatasan seperti motto Presiden membangun mulai dari ujung perbatasan ke kota begitu juga sebaliknya membangun mulai dari kota hingga sampai ke pelosok pedalaman.

Baca Juga :  Diduga Hubungan Asmara, Seorang Pemuda di Nunukan Akhiri Hidup dengan Gantung Diri

“Ada 18 sekolah yang sudah dibangun seperti SD dan SMP, semua sudah selesai dikerjakan dan saat ini hanya menunggu diserahkan saja ke pemda Nunukan,” kata Taufiq.

Terpisah, Kepala Sekolah SDN 012 Kecamatan Nunukan, Desa Binusan Dalam, Saleh mengatakan pihaknya mendapatkan empat ruangan baru yang di bangun sedangkan dua ruangan hanya rehab. Ia merasa bersyukur akhirnya sekolah yang dibangun ini terlihat bagus sehingga anak-anak yang melakukan proses belajar lebih semangat lagi.

“Alhamdullah ruangan belajar sudah cukup, namun saja masih ada dua ruangan yang belum ada hingga saat ini, seperti ruangan Unit Kesehatan Sekolah (UKS) dan Perpustakaan, mudah-mudahan tahun depan bisa dibangun lagi. Dan sekolah ini akan direncanakan dalam waktu dekat akan diserah terimakan ke pemda Nunukan,” jelas Saleh Kepada Benuanta.co.id, jumat 8 Oktober 2021.

Baca Juga :  Iraw Tidung Borneo Bersatu Pererat Silaturahmi Suku Tidung dari 4 Negara

Dia berharap dengan adanya sekolah yang baru dan megah tentu dengan fasilitas yang sudah baik ini bisa menarik minat orang tua di sekitar Desa Binusan Dalam untuk menyekolahkan anaknya di SDN 012, tidak lagi menyekolahkan anaknya jauh-jauh.

Perlu diketahui, walaupun Desa Binusan Dalam berada di dalam kota pulau Nunukan ini jaringan telekomunikasi dan listrik belum tersedia, hal itu juga menjadi kendala tersendiri bagi para guru.

Dikatakan Saleh selain Jaringan dan listrik tantangan akses jalan yang begitu menantang bagi para guru, karena guru ini ada yang tinggal jauh dari sekolah, apalagi saat hujan jalan yang licin sehingga membutuhkan waktu.

Baca Juga :  Wacana Penerapan PPKM Level 3 Skala Nasional, Pemda Nunukan Tunggu SE

“Jumlah penduduk di sini kurang lebih 60 Kepala Keluarga (KK), sehingga siswanya sedikit yakni 56 siswa,’’ terangnya.(*)

Daftar Sekolah yang dibangun dan direhab di Kabupaten Nunukan;
(1) SD.011 Nunukan.
(2) SD.009 Nunukan.
(3) SD.012 Nunukan.
(4) SD.004 Nunukan Selatan
(5) SD.004 Sebatik barat
(6).SD.002 Sebatik.
(7).SMP.03 Nunukan.
(8).SMP 002 Nunukan Selatan
(9).SMP 003 Nunukan Selatan
(10).SD.002 Lumbis.
(11).SD.005 Lumbis
(12).SD.007 Lumbis
(13) SD.008 Lumbis
(14).SD.009 Lumbis
(15).SD.010 Lumbis
(16).SD.005 Lumbis ogong.
(17).SD.009 Lumbis Ogong
(18).SD.002 Lumbis. (*)

Reporter: Darmawan

Editor: Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *