Dinkes Malinau Terkendala Lab untuk Deteksi Varian Baru Covid-19

benuanta.co.id, MALINAU – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malinau kesulitan mendeteksi varian baru Covid-19 lantaran belum memiliki lab khusus untuk memastikan varian baru.

Padahal saat ini negara tetangga seperti Malaysia yang berdekatan dengan Malinau dan daerah sekitarnya, sudah melakukan rilis menganai adanya varian baru Covid-19.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2017 votes

“Saat ini kita tidak menemukan adanya varian baru Covid-19 seperti di beberapa Negara tetangga, selain varian Delta kita belum menemukan varian lainnya,” kata Kepala Dinkes Malinau, dr. John Felix Rundupadang pada Jumat, 8 Oktober 2021.

John menambahkan saat ini pihaknya tidak memiliki kompetensi untuk melakukan penelitian terhadap varian baru, meski saat ini Kabupaten Malinau telah memiliki Lab PCR.

“Lab kita itu hanya untuk mendeteksi positif atau negatifnya orang dari Covid-19, bukan untuk menentukan varian baru,” jelasnya lagi.

“Karena memang dari ratusan Lab yang ada di Indonesia itu hanya 8 yang memiliki kompetensi untuk meneliti varian baru Covid-19 dan kita belum termasuk,” ujarnya.

Karena keterbatasan itu, untuk melihat adanya perkembangan varian baru Covid-19, bersama tim Satgas Covid-19 Malinau John pun mengaku masih harus mengirimkan sample di Lab yang sudah memiliki kompetensi untuk melakukan penelitian.

“Untuk tahun tidaknya itu kita harus mengirimkan sample untuk diteliti. Tapi selama perkembangannya kita di Malinau belum menemukan adanya varian baru Covid-19 lagi,” tutupnya. (*)

Reporter : Osarade

Editor : Nicky Saputra/Metew

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *