oleh

4 Negara Dipastikan Hadiri Iraw Tidung Borneo Bersatu di Desa Binusan

benuanta.co.id, NUNUKAN – Iraw Tidung Borneo Bersatu kembali digelar di Desa Binusan, Kabupaten Nunukan pada 25 hingga 30 November 2021 mendatang, Rencananya, kegiatan ini akan dihadiri 4 negara serumpun. Yakni Indonesia, Malaysia, Filipina dan Brunei Darussalam.

Ketua Panitia Iraw Tidung Borneo, H. Sura’i menyampaikan Iraw kedua ini nantinya akan menghadirkan 1.800 orang untuk pertunjukan seni dan budaya. Mulai dari memperlihatkan tata hias pengantin Tidung dengan melakukan 6 tahapan. Mulai dari istiadat melamar mempelai perempuan, mengantar jujuran, bepupur, bejepen, bebantang hari pernikahan. Hingga berkunjung ke rumah mempelai laki-laki dan terakhir akan ditutup dengan selamatan besar.

“Acara itu nanti akan dilakukan di rumah adat yang ada di Desa Binusan, untuk pengantinnya itu adalah yang menikah pada saat itu juga. Ini baru dilakukan di Iraw Tidung Borneo kedua ini,” kata H. Sura’i kepada benuanta.co.id, Jumat (8/10/2021).

Baca Juga :  Cerita Jesica, Kuliah Sembari Mengajar di SDN 012 Desa Binusan Nunukan

Ada juga acara tambahan yakni cara menjerat burung serindit yang merupakan burung khas Kalimantan Utara (Kaltara). Keseluruhan mencapai 14 acara yang akan dilaksanakan. Sementara itu, persiapan sendiri telah dilakukan, misalnya protokol kesehatan. Terlebih saat ini Kabupaten Nunukan

“Kita juga menyiapkan acara ini secara virtual untuk menghindari hal yang tidak diinginkan terjadi. Negara tetangga juga bisa menyaksikan dari negaranya,” jelasnya.

Baca Juga :  Optimalkan Akuisisi Peserta, BPJAMSOSTEK Tarakan Sosialisasi Langsung ke Masyarakat Nelayan

Tak hanya itu, pihaknya juga kini telah menyiapkan sebanyak 57 rumah untuk tempat tinggal tamu. Ini dilakukan untuk menjalin silaturahmi bersama warga setempat. (*)

Reporter : Darmawan

Editor : Yogi Wibawa/Nicky Saputra

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *