Bupati Ibrahim Ali Jadi Narasumber Webinar Nasional Pendidikan dan Launching Platform Sahabat Guru

TANA TIDUNG – Bupati Tana Tidung Ibrahim Ali menjadi narasumber pada Webinar Nasional Pendidikan dan Launching Platform Sahabat Guru dengan Tema Mewujudkan Guru Cakap bermedia Digital, Cakap Numerasi dan Berkarakter dalam menghadapi tantangan Global secara Virtual di Ruang Kerja Bupati Tana Tidung, Kamis, 7 Oktober 2021.

Bupati Tana Tidung menyampaikan sebagai organisasi pemerintah kabupaten seluruh Indonesia, organisasi APKASI saat ini telah menjadi Lembaga yang diperhitungkan oleh berbagai kalangan. Bukan hanya pemerintah dan DPR RI atau DPD RI saja, tapi juga kalangan akademisi, LSM, Praktisi, hukum dan masyarakat luas.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1976 votes

“Tantangan di ruang digital saat ini semakin besar dan telah menyentuh semua bidang kehidupan Politik, Pemerintahan, Ekonomi, Sosial-budaya, dan Pendidikan. Menyikapi tantangan tersebut, literasi digital menuju masyarakat cakap digital menjadi hal yang wajib dilakukan. Literasi digital tidak hanya menuntut penguasaan teknologi, melainkan juga mampu bermedia digital dengan penuh tanggung jawab,” kata Bupati.

Hal ini lanjut dia, menjadi tantangan penyelenggara pemerintahan untuk memberikan literasi kepada masyarakat serta menyiapkan human resource digital demi terciptanya masyarakat yang cakap digital.

Dalam perspektif pendidikan menurut Bupati, guru sebagai komponen utama pendidikan harus mampu beradaptasi dengan metode pendidikan yang perlu dilakukan di era digitalisasi seperti saat ini. Selain keahlian dan kecakapan mengajar, guru juga perlu melek dan cakap digital.

“Guru harus memiliki mindset yang tumbuh dan terbuka, mampu beradaptasi dengan memanfaatkan platform-platform Pendidikan saat ini, melakukan pembelajaran jarak jauh, menguasai teknik-teknik mengajar yang baru, menggunakan Learning Management System, dan lain sebagainya” ujar Bupati.

Tantangan utama guru di era global dan serba digital saat ini kata dia adalah mencetak lulusan yang berkemampuan menyelesaian masalah kompleks, berpikir kritis-analitis, dan tetap berkarakter.

Bupati Tana Tidung juga menyampaikan bahwa Apkasi sebagai mitra dan perpanjangan tangan pemerintah, dengan jaringan diseluruh wilayah Indonesia berkomitmen untuk mengawal dan mendukung guru-guru di daerah dalam penguasaan teknologi informasi di era digital.

“Perlu kami informasikan kepada seluruh peserta bahwa selama 10 tahun terakhir Apkasi dan Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara telah melatih lebih dari 160.000 tenaga Pendidikan di 180 daerah di Indonesia. Kami meyakini dengan sinergi ini akan mampu mempercepat pemerataan Pendidikan di tanah air,” harapnya.

Sebagai garda terdepan pencerdas generasi emas Indonesia, sebagai guru kata Bupati memiliki peran strategis dalam memberikan edukasi dan motivasi kepada peserta didik. Dengan membawa spirit inspirasi untuk Indonesia maju.(bn1)

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *