oleh

Bupati Akan Resmikan Laboratorium PCR RSUD Nunukan 11 Oktober Mendatang

benuanta.co.id, NUNUKAN – Bupati Nunukan, Hj Asmin Laura Hafid akan meresmikan laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Nunukan pada Senin 11 Oktober 2021 mendatang.

Direktur RSUD Nunukan, dr. Dulman mengatakan peresmian gedung laboratorium PCR akan diresmikan beserta pemanfaatan running alat bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pusat.

Dengan adanya PCR di wilayah perbatasan Kaltara, khususnya di Kabupaten Nunukan, sampel tidak perlu dikirim ke Tarakan maupun ke Surabaya.

Baca Juga :  Wacana Penerapan PPKM Level 3 Skala Nasional, Pemda Nunukan Tunggu SE

Pemeriksaan PCR di RSUD Nunukan menjadi amunisi baru bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) untuk menangani kasus Covid-19 di Nunukan.

“Kami mendapatkan dua bantuan alat PCR. Perlu diketahui ruangan Laboratorium ini sangat penting di masa pandemi Covid-19,” kata dr. Dulman, Kamis (7/10/2021).

Dulman menjelaskan, wilayah Nunukan berbatasan dengan Malaysia sehingga mendapatkan perhatian penuh dari pemerintah pusat. Apalagi saat ini Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang dipulangkan ke tanah air harus menjalani tes PCR.

Baca Juga :  9 Jabatan Eselon II di Nunukan Bakal Dilantik Tahun Depan

Selama ini, sampel PCR dari Nunukan selalu dikirim ke luar daerah seperti Tarakan dan Surabaya. Hal tersebut dinilai membutuhkan waktu yang cukup lama. Dengan adanya PCR di Nunukan, sampel pasien akan lebih cepat diketahui hasilnya.

“Alat ini (PCR) diperkirakan bisa menguji sebanyak 96 sampel dalam tiga jam dalam satu kali beroperasi,” tutupnya. (*)

Baca Juga :  Sekolah Dibuka Secara Penuh, Pelajar di Perbatasan Antusias

Reporter: Darmawan
Editor: Matthew/Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *