BMKG: Tarakan Berpotensi Hujan Ringan-Lebat Malam Ini

benuanta.co.id, TARAKAN – BMKG Tarakan memprediksikan terjadi hujan disertai petir di Kota Tarakan pada malam ini, Selasa, 5 Oktober 2021. Prakirawan BMKG Tarakan, Novira Ismi Handayani, S.Tr mengatakan, berdasarkan prediksi BMKG Kota Tarakan berpotensi hujan lebat disertai petir pada malam hari disusul hujan ringan hingga dini hari.

“Pada pagi hingga sore cuaca Tarakan cerah. Pukul 20.00 WITA hingga 23.00 WITA, cuaca Tarakan berawan. Pada dini hari pukul 02.00 WITA hingga pagi pukul 08.00 WITA berpotensi terjadi hujan ringan,” ungkap Novira.

Prediksi cuaca tersebut ditujukan untuk semua kecamatan di Kota Tarakan yakni Tarakan Utara, Tarakan Timur, Tarakan Tengah dan Tarakan Barat.

BMKG mengimbau masyarakat mengantisipasi bencana hidrometeorologi dampak tidak langsung adanya bibit Siklon Tropis 92W di perairan Filipina.

Baca Juga :  Pemkot Tarakan Bakal Alihkan Perawatan Taman Tugu 99 ke Bandara Juwata

“Kewaspadaan yang perlu dilakukan adalah antisipasi terhadap dampak dari hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, yaitu dampak bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang dan longsor,” demikian siaran pers BMKG pusat.

Bibit Sikon Tropis 92W memberikan dampak tidak langsung berupa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di sejumlah provinsi yaitu Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara.

Baca Juga :  Pj Wali Kota akan Evaluasi Tarif Masuk Pantai Ratu Intan

Kepala BPBD Tarakan, Ahmadi Burhan mengingatkan kepada warga Tarakan agar selalu waspada terkait cuaca buruk yang terjadi belakangan ini.

Menurutnya, wilayah yang rawan longsor, dominan di Kelurahan Karang Anyar, Kelurahan Sebengkok, Kel Kampung 1 Skip dan Kelurahan Pamusian.

“Kami tetap menghimbau masyarakat untuk tetap waspada, terhadap segala kemungkinan yang bisa terjadi,” ujar Ahmadi Burhan. (*)

Reporter: Kristianto Triwibowo

Editor: Matthew/Ramli

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *