Tiga Kecamatan Terdampak Banjir Bandang dan Satu Kecamatan Terjadi Longsor di Luwu

Luwu – Akibat tingginya intensitas curah hujan, sejumlah wilayah terdampak banjir bandang dan tanah longsor di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, yang terjadi Minggu petang, 3 Oktober 2021.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Pusdalops BPBD Kabupaten Luwu, terdapat tiga Kecamatan terdampak banjir bandang dan satu kecamatan terjadi tanah longsor.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2018 votes

Untuk bencana banjir bandang terjadi di Kecamatan Walenrang Utara, Kecamatan Lamasi Timur, dan Kecamatan Walenrang Timur.

Sedangkan bencana tanah longsor terjadi di Desa Ilan Batu, Kecamatan Walenrang Barat.

Banjir bandang yang melanda tiga kecamatan tersebut diperkirakan setinggi satu hingga tiga meter yang menggenangi ratusan rumah warga dan fasilitas umum.

Tim SAR Gabungan juga telah melakukan evakuasi terhadap warga yang terdampak banjir bandang dan tanah longsor tersebut.

Kepala BPBD Provinsi Sulsel, Muhammad Firda menyampaikan, atas instruksi langsung dari Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman pihaknya menurunkan tim reaksi cepat (TRC) ke Luwu.

“Tadi malam, tim TRC BPBD Provinsi sudah diturunkan untuk membantu proses evakuasi sekaligus membawakan bantuan logistik,” kata Firda melalui keterangan persnya, Senin, 4 Oktober 2021.

Adapun bantuan yang dibawa berupa logistik pangan, family kit, shelter kit dan perlengkapan bayi.

Terpisah, Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan rasa prihatin atas musibah yang terjadi di Kabupaten Luwu.

“Kami turut berduka atas musibah banjir bandang dan longsor di Kabupaten Luwu, kami juga memastikan agar tim TRC BPBD Provinsi untuk membantu proses evakuasi dan stok logistik bantuan aman untuk para korban yang terdampak yang sedang mengungsi,” imbuhnya. (*)

 

Reporter : Akbar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *