oleh

Tiga Kecamatan Terdampak Banjir Bandang dan Satu Kecamatan Terjadi Longsor di Luwu

Luwu – Akibat tingginya intensitas curah hujan, sejumlah wilayah terdampak banjir bandang dan tanah longsor di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, yang terjadi Minggu petang, 3 Oktober 2021.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Pusdalops BPBD Kabupaten Luwu, terdapat tiga Kecamatan terdampak banjir bandang dan satu kecamatan terjadi tanah longsor.

Untuk bencana banjir bandang terjadi di Kecamatan Walenrang Utara, Kecamatan Lamasi Timur, dan Kecamatan Walenrang Timur.

Baca Juga :  MUI Sulsel Sikapi Fenomena Wanita Melamar Pria di Pinrang

Sedangkan bencana tanah longsor terjadi di Desa Ilan Batu, Kecamatan Walenrang Barat.

Banjir bandang yang melanda tiga kecamatan tersebut diperkirakan setinggi satu hingga tiga meter yang menggenangi ratusan rumah warga dan fasilitas umum.

Tim SAR Gabungan juga telah melakukan evakuasi terhadap warga yang terdampak banjir bandang dan tanah longsor tersebut.

Kepala BPBD Provinsi Sulsel, Muhammad Firda menyampaikan, atas instruksi langsung dari Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman pihaknya menurunkan tim reaksi cepat (TRC) ke Luwu.

Baca Juga :  34 Rumah di Barru Sulsel Rusak Diterjang Angin Kencang

“Tadi malam, tim TRC BPBD Provinsi sudah diturunkan untuk membantu proses evakuasi sekaligus membawakan bantuan logistik,” kata Firda melalui keterangan persnya, Senin, 4 Oktober 2021.

Adapun bantuan yang dibawa berupa logistik pangan, family kit, shelter kit dan perlengkapan bayi.

Terpisah, Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan rasa prihatin atas musibah yang terjadi di Kabupaten Luwu.

Baca Juga :  Asrama Sekolah Islam Terpadu di Makassar Terbakar

“Kami turut berduka atas musibah banjir bandang dan longsor di Kabupaten Luwu, kami juga memastikan agar tim TRC BPBD Provinsi untuk membantu proses evakuasi dan stok logistik bantuan aman untuk para korban yang terdampak yang sedang mengungsi,” imbuhnya. (*)

 

Reporter : Akbar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *