Tak Lagi Melalui Surabaya, Tarakan Ekspor Bandeng Beku Langsung ke China

benuanta.co.id, TARAKAN – Bea Cukai Tarakan melaksanakan pelepasan ekspor perdana produk perikanan Kota Tarakan. Produk perikanan yang di ekspor merupakan Frozen Milk Fish atau Bandeng Beku oleh PT. Tarakan Fiserido Sipatuo dengan negara tujuan China pada 4 Oktober 2021.

Diterangkan Kepala Kantor Bea Cukai Tarakan, Minhajuddin Napsah ekspor kali ini bukanlah yang pertama kali dilakukan. Namun begitu ekspor tersebut sebagai momentum awal di mana kota Tarakan langsung menuju negara tujuan tanpa harus singgah di Bea Cukai Surabaya.

“Ini sudah ke tiga kalinya ke Tiongkok tapi dua kali sebelumnya masih tercatat Bea Cukai Surabaya,” terangnya.

Bandeng beku yang di ekspor kali ini berjumlah 25 ton, dengan nlai ekspor perikanan senilai USD 36.456. Lanjut, Bea Cukai Tarakan selalu unggul dalam 10 besar se-Indonesia dalam kurun waktu 3 tahun belakangan.

Baca Juga :  Aktifkan Satgas RAFI, Pertamina Memastikan Layanan Energi Selama Ramadan dan Idul Fitri 1445 H di Kaltara Terpenuhi

“Dengan pencatatan pemberitahuan ekspor barang di Tarakan, kami melacak data di Bea Cukai Tarakan tahun 2019 hingga 2021 selalu masuk di 10 besar, Alhamdulillah lagi Januari hingga September 2021 kita naik jadi posisi ke 9,” bebernya.

Berangkat dari momentum ini, dirinya mengharapkan agar ekspor kali ini dapat memicu pegiat UMKM yang tidak hanya bergeliat pada sektor Perikanan. Hal ini juga berguna untuk mendukung ekosistem logistik nasional seperti yang tertuang pada Instruksi Presiden Nomor 5 tahun 2020.

Baca Juga :  Besok Pasar Murah Dibuka di Pasar Agathis, Pembeli Khusus Pemilik Kupon

“Dengan adanya kegiatan ekspor disuatu daerah akan meningkat devisa suatu negara, meluaskan lapangan kerja dan semua akan berdampak positif tentunya,” tukasnya. (*)

Reporter : Endah Agustina

Editor : Nicky Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *