Singal dan Batik Kaltara Turut Meriahkan Pembukaan PON XX Papua

JAYAPURA – Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 yang dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo, di Stadion Lukas Enembe berlangsung spektakuler, Sabtu (2/10/2021) malam.

Selain dihadiri Presiden, hampir semua Gubernur se-Indonesia juga hadir dalam acara open ceremony tersebut. Termasuk Gubernur Kaltara, Drs. H. Zainal Arifin Paliwang SH. M.Hum yang ikut langsung dalam pembukaan PON.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2020 votes

Setiap kontingen dari semua provinsi yang mengikuti open ceremony defile, mengenakan baju ataupun identitas dari daerah masing-masing.

Kontingen Kaltara hadir dengan memakai batik berwarna kuning dengan paduan batik asli Kalimantan yang dipadukan singal khas Kaltara.

Sebelum mengikuti acara pembukaan PON XX Papua, Gubernur Zainal didampingi Ketua KONI Kaltara, H.Muhammad Nasir, SE meninjau tempat tinggal para atlet. Bahkan menonton langsung para atlet Kaltara yang bertanding.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Kaltara memberikan semangat kepada atlet untuk bertanding dan menjanjikan bahwa akan ada bonus yang menanti, apabila para atlet berhasil menyumbangkan medali bagi provinsi termuda di Indonesia.

Pembukaan PON Papua

“Bonus itu dari pemerintah, kalau bisa tidak saja kepada yang medali emas namun juga kepada yang mendapatkan medali perunggu maupun medali perak,” kata KONI Kaltara H.Muhammad Nasir, SE.

Meski belum mengetahui secara pasti berapa besaran bonus yang akan diterima para atlet. Nasir berharap, dengan adanya janji Pemprov Kaltara memberikan bonus akan berdampak kepada atlet agar lebih bersemangat lagi dalam bertanding.

“Yang jelas saat kami berkunjung ke cabang takraw, Pak Gubernur berkata untuk berjuang mendapatkan medali dan bonus sudah menunggu. Itu kata beliau,” terangnya.

Diwartakan sebelumnya, saat mengunjungi atlet. Gubernur Zainal berharap ada atlet Kaltara yang bisa menyumbangkan emas dalam ajang olahraga empat tahunan ini.

Bukan hanya berharap para atlet dapat membawa medali ke Bumi Benuanta. Namun, ia juga mengharapkan para atlet yang berlaga agar selalu menjaga kondisi fisiknya saat ini sehingga bisa berlaga dengan maksimal.

“Yang paling penting, jaga nama baik Kaltara dengan menjunjung tinggi sportifitas,” harapnya.

Terlepas dari itu, Gubernur juga meminta agar masyarakat Kaltara terus mendukung dan mendoakan bagi para atlet Kaltara yang tengah berjuang mengukir prestasi di PON XX Papua.

“Semoga para atlet bisa mengharumkan nama provinsi termuda ini,” tutupnya. (adpim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *