oleh

BPBD: Waspada Banjir dan Longsor! Ini Lokasinya

benuanta.co.id, TARAKAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tarakan siap mengantisipasi cuaca ekstrem yang berpotensi menimbulkan banjir dan tanah longsor di beberapa wilayah Tarakan.

Berdasarkan informasi prakiraan cuaca BMKG Tarakan, sepekan ini Tarakan diguyur hujan ringan, hujan sedang hingga hujan lebat disertai petir dan angin kencang.

Kondisi tersebut diakui Kepala BPBD Tarakan, Ahmadi Burhan selalu menjadi perhatian pihaknya. Menurutnya, bukan hanya kedua bencana tersebut tak menutup kemungkinan juga bencana lainnya.

“Terdapat wilayah yang rawan longsor, dominan itu di Kelurahan Karang Anyar, Kelurahan Sebengkok, Kel Kampung 1 Skip dan Kelurahan Pamusian. Kami tetap menghimbau masyarakat untuk tetap waspada, terhadap segala kemungkinan yang bisa terjadi,” ujar Ahmadi Burhan kepada benuanta.co.id pada Sabtu, 2 Oktober 2021.

Baca Juga :  Flash News! Polisi Kembali Tangkap Pelaku Pengeroyokan di THM

Lebih lanjut, wilayah yang rawan dan berpotensi banjir dikatakan BPBD Tarakan dominan berada di Kelurahan Karang anyar, Karang balik, Karang Anyar pantai, Pamusian, Lingkas Ujung bahkan kelurahan lainnya.

Dipastikan Kepala BPBD Kota Tarakan, Ahmad Burhadi mengatakan pihaknya tengah berjibaku menangani antisipasi kondisi cuaca yang patut diwaspadai oleh masyarakat.

“Kami selalu melakukan koordinasi intens dengan camat, lurah dan RT se-Kota Tarakan. Koordinasi itu membahas pencegahan dan penanggulangan lokasi yang rawan bencana,”lanjutnya.

Baca Juga :  Korban Laka Speedboat Belum Ditemukan, Pencarian Dilanjutkan Besok

Ahmadi menjelaskan, pihaknya kerap berkomunikasi dengan camat dan lurah yang tergabung di grup WhatsApp yang difasilitasinya.

Kemudian, untuk personil dan sarana yang dimiliki BPBD Tarakan sama seperti biasanya. Pasalnya BPBD Tarakan tentu memiliki kesigapan.

Kerjasama yang dilangsungkannya bersama pihak kecamatan dan kelurahan yakni mengenai himbauan potensi bencana, prosedur dan rangkaian edukasi pun dilakukan untuk bersinergi.

Secara terpisah, pemberitaan sebelumnya BMKG Tarakan menyatakan terdapat prediksi cuaca hujan ringan pada Kamis dan Jumat mendatang. Prediksi tersebut diperkirakan akan turun mulai malam hingga dini hari.

Baca Juga :  Perdana, Konferensi PWI Kaltara Ke-1 Dipastikan Berjalan Maksimal 

Untuk diketahui, hujan lebat disertai petir dan angin kencang diprediksi terjadi pada pukul 20.00, Jumat, 1 Oktober 2021.

“Jadi masih ada potensi hujan ya walaupun ringan saja yang kira-kira terjadi tengah malam sampai dini hari menjelang subuh,” kata Raa’ina Farah Nur Annisa S.Tr., Prakirawan Cuaca BMKG Tarakan pada Rabu, 29 September 2021.(*)

Reporter: Kristianto Triwibowo

Editor: Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *