oleh

MCB Listrik Meledak di Rumah Warga, Apinya Nyaris Membesar

benuanta.co.id, TARAKAN – Sebuah Miniatur Circuit Breaker (MCB) listrik di rumah warga mengalami ledakan dan menimbulkan api pada pukul 23.30 WITA di Jalan Damai Bhakti RT. 07 nomor 01, Kelurahan Karang Harapan, Kecamatan Tarakan Barat, Ahad (26/9/2021).

Sesaat setelah Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (PMK) Tarakan menerima informasi tentang kejadian tersebut, PMK juga berkoordinasi dengan pihak PLN dan bergegas menuju ke Tempat Kejadian Kebakaran (TKK).

Api MCB yang membesar akhirnya berhasil dicegah oleh PMK dan PLN Tarakan dengan mengerahkan 2 unit Supply Truck dan 8 orang personel.

Baca Juga :  Jelang Hari Karantina Pertanian ke 144, Karantina Tarakan Patroli Tingkatkan Pengawasan dan Penindakan
MELEDAK : Lokasi ledakan MCB di rumah warga.

“PMK beserta Satgas PMK persiapan langsung menuju ke lokasi sembari berkoordinasi dengan PLN Tarakan,” ungkap Kabid PMK Tarakan, Eko Santoso kepada benuanta.co.id, melalui laporan tertulisnya pada dini hari, Senin, 27 September 2021.

Saat tiba di lokasi, personel PMK bersiap dan mengantisipasi terjadinya kebakaran bersamaan dengan petugas PLN yang memperbaiki jalur serta melepaskan MCB PLN yang telah terbakar, kemudian diganti dengan MCB PLN yang baru.

Baca Juga :  Amir Ditemukan Selamat Setelah Tersesat Mencari Lokasi Tambak

Disampaikan Eko, penanganan yang dilakukan oleh PLN dibantu dengan PMK Tarakan berlangsung hingga dini hari pukul 01.00 WITA dalam situasi aman dan terkendali. Untuk diketahui, MCB merupakan komponen dalam instalasi listrik rumah tinggal yang memiliki peran sangat penting. Komponen ini berfungsi sebagai sistem proteksi dalam instalasi listrik bila terjadi beban lebih dan hubungan singkat arus listri (short circuit atau korsleting). (*)

Baca Juga :  PMK Tarakan Keluhkan Armada Berusia Tua, Harapkan Pemprov Kaltara Kasi Bantuan

 

Reporter : Kristianto Triwibowo

Editor : Matthew/Nicky Saputra

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *