oleh

Kaltara Berangkatkan 31 Atlet ke PON XX Papua

TANJUNG SELOR – Bertempat di Aula Kantor Gabungan Dinas Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara, Senin (27/9), Gubernur Kalimantan Utara Zainal A. Paliwang melepas kontingen Kaltara yang akan bertanding dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX di Papua.

Pada laporannya di hadapan gubernur dan tamu undangan, Ketua Umum KONI Provinsi Kaltara Muhammad Nasir menyampaikan, peluang Kaltara untuk meraih emas sebanyak 6 medali.

Jumlah ini berdasarkan perhitungan dari hasil pra-PON, raihan atlet pada kejuaraan event, dan konsistensi atlet pada kejuaraan event sebelumnya.

Baca Juga :  Dua gol Edin Dzeko Bawa Kemenangan Inter atas Shakhtar Donetsk

Guna mewujudkan target tersebut, KONI Kaltara bersama cabang olahraga yang lolos masuk ke pertandingan PON berupaya meningkatkan kemampuan dan prestasi atlet melalui pemusatan latihan daerah atau Pelatda.

Sebelum keputusan penundaan PON diumumkan, para atlet telah melakukan pelatda dalam bentuk training center (TC) desentralisasi selama tiga bulan dan dilakukan juga TC mandiri karena kondisi pandemi.

“Tahun 2021 dilakukan pelatda sejak Maret hingga Mei, TC desentralisasi dari bulan Juni sampai September. Pada pelatda ini termasuk try out untuk mengukur peningkatan kemampuan tanding atlit dan sebagai evaluasi,” terangnya.

Baca Juga :  Prancis kubur asa Finlandia ke playoff, Ukraina Ketiban Pulung

Mengingat tingginya persaingan dari daerah lain, ia berpesan kepada ketua kontingen Kaltara untuk siap bekerja memfasilitasi para atlet dan para pelatih agar dapat maksimal saat pertandingan nanti.

Untuk diketahui total keseluruhan kontingen Kaltara berjumlah 140 orang, dengan jumlah Atlet yang ikut bertanding berjumlah 31 orang.

Nantinya atlet-atlet Kaltara akan bertanding pada 12 Cabang Olahraga, yaitu antara lain, PRSI, TI, IMI, PASI, PERBAKIN, PORLASI, PERTINA, FPTI, POSSI, PSTI, IKASI, dan PABERSI.

Baca Juga :  Sidak RSUD Tarakan, Gubernur Soroti Bagian Pelayanan

“Saat ini sudah sekitar 85% personel kontingen cabor kontingen Kaltara sudah berada di Papua. 15% sedang dalam perjalanan transit di Makassar,” imbuhnya.

Komandan Kontingen atau CdM (Chief de Mission) yang memimpin atlet Kaltara menuju PON XX yang sekaligus merangkap CdM cluster Kota Jayapura yaitu Brigjen TNI Andi Sulaiman (Kabinda Kaltara). (ahy)

Sumber : dkispkaltara

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *