Kabel Digigit Hiu Hoax, Telkom Pastikan Jaringan Internet Membaik

benuanta.co.id, TARAKAN – Telkom pastikan gangguan jaringan yang sempat terjadi beberapa waktu lalu yang disebakan oleh putusnya proses penyambungan di bawah permukaan laut Pulau Jawa, Sumatera dan Kalimantan (Jasuka) akan membaik.

General Manager (GM) Telkom Kaltara, Rizal Fahmi mengatakan untuk memenuhi kebutuhan customer saat ini, Telkom dengan maksimal melakukan reroute traffic internet.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1590 votes

Rerouting ini didukung dengan penambahan gateway bekerja sama dengan mitra Telkom, sehingga penambahan gateway dari Jakarta ke Surabaya maupun Jakarta ke Jatinegara menjadi memperlancar traffic internet untuk Kalimantan.

Baca Juga :  Pertamina Tambah Kuota BBM dan LPG untuk Kebutuhan Ramadan hingga Lebaran

Rizal menjelaskan, diprediksikan jalur Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Jasuka ini akan pulih dalam sebulan. Karena memang untuk perbaikan itu tidak mudah apalagi lokasi berada di bawah laut.

“Mengenai informasi yang beredar dan viral sebelumnya, diduga karena ikan hiu menggigit kabel laut, itu tidak benar. Jadi informasinya gambar dari google diambil oknum dan memang tidak ada hubungannya dengan perbaikan kabel kita,” jelas Rizal, Sabtu (25/9/2021).

Baca Juga :  Satpol PP Tarakan Awasi Pendirian Rumah dan Kamar Sewa

Meskipun performa belum seperti yang sebelumnya tapi ini sudah cukup memenuhi kebutuhan internet yang saat ini sedang memuncak. Kebutuhan yang dimaksud tersebut, contohnya seperti penerimaan CPNS maupun untuk belajar daring (online) dari rumah bagi pelajar.

“Kita tetap menjaga traffic yang baru agar tidak down. Tentunya dengan kemampuan yang telah disiapkan,” sebutnya.

Baca Juga :  Harga Telur Ayam Ras Mulai Tembus Rp 72 Ribu

Kecepatan mbps penggunaan internet saat ini sudah kembali dinormalkan. Untuk persentase pemulihan saat ini mencapai sekitar 85 persen dan dapat dikatakan normal.

“Up to mendekati ke level kita berikan. Sebelumnya saat masih satu dua hari itu masih kami pilah. Sekarang sudah dilepas semua service level ke masing-masing pelanggan,” pungkasnya. (*)

Reporter : Endah Agustina
Editor : Matthew/Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *