oleh

Vaksinasi Tak Menjamin Kebal Terhadap Covid-19, Tapi Meringankan Gejala Covid-19

benuanta.co.id, MALINAU – Vaksinasi tidak menjamin orang untuk kebal terhadap Covid-19. Meski begitu, ternyata ada perbedaan antara orang sudah vaksin dengan yang belum vaksin, saat terkonfirmasi Covid-19.

Hal itupun diungkapkan oleh Direktur Utama RSUD Malinau, dr. Nii Putut Ria Citrawati, saat diwawncara benuanta.co.id, Jumat (24/09/2021).

Menurut wanita yang akrab disapa dr. Ria, orang yang belum melakukan vaksinasi, cenderung akan mengalami gejala sedang atau berat saat terkonfirmasi Covid-19. Hal itu berbeda dengan orang yang sudah melakukan vaksinasi, karena akan mengalami gejala ringan.

Baca Juga :  Oleng, Truk Bermuatan Sawit Terguling hingga ke Bibir Jalan

“138 Nakes dan staf kami sempat terkonfirmasi Covid-19 dan semuanya itu telah menjalani vaksinasi tahap II,” ujarnya lagi.

“Tapi gejalanya hanya ringan saja, tidak seperti orang yang belum melakukan vaksin karena cenderung mengalami gejala berat Covid-19,” bebernya.

Ia menambahkan, imun disetiap orang juga mempengaruhi kondisi tubuh saat terkonfirmasi Cobid-19, dan meski telah menjalankan vaksinasi setiap orang berkemungkinan masih terkonfirmasi Covid, jika imun tubuhnya kurang.

Baca Juga :  Dukung Pemerintah dalam Program Imunisasi Nasional, 1.000 Relawan PMI Diberikan Pelatihan

“Vaksinasi ini penting karena untuk menambah imun kebal kita terhadap Covid-19, jika imun tubuh lemah dan terkena Covid maka gejalanya cenderung berat. Tapi jika imun tubuh lemah, tapi sudah divaksin maka jika terkena Covid gejalanya cenderung ringan,” ungkapnya.

Sebelumnya 138 Staf dan Nakes RSUD Malinau sempat menjalani Isolani mandiri karena terkonfirmasi Covid-19, namun hal itu tidak berlangsung lama karena 138 Nakes itu merupakan orang yang telah menjalani vaksinasi.

Baca Juga :  Tropicana Slim Dukung Diabetesi di Masa Pandemi melalui #Hands4Diabetes2021 Online Festival

“Dari pengalaman itu tentu kita sangat berharap masyarakat bisa menjalani vaksinasi, agar saat terkonfirmasi, minimalnya tidak menimbulkan gejala berat yang bisa membahayakan orang,” tutupnya.(*)

Reporter: Osarade

Editor: Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *