UKW LSPR, Sekprov Harapkan Wartawan Kaltara Makin Kompeten dan Profesional

benuanta.co.id, TARAKAN – Melalui Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) yang digelar oleh Dewan Pers dan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) London School of Public Relations (LSPR) di Tarakan pada Jumat, 24 September 2021, Sekretaris Provinsi Kaltara Dr. H. Suriansyah berharap wartawan semakin berkompeten dan profesional.

“Saya berharap melalui UKW para peserta dapat menjaga peran, fungsi dan kode etik jurnalistik. Sehingga, wartawan dapat menjalankan tugas dengan profesional,” ujar Suriansyah.

Berdasarkan pantauan Suriansyah, indeks kebebasan pers di Kaltara beberapa tahun terakhir dinilai cukup bagus. Wartawan di Kaltara terpantau menjalankan tugas dengan baik.

“Belum didapati wartawan yang tidak berkompeten dalam menjalankan tugas. Diharapkan dalam UKW Kaltara kali ini semua wartawan bisa lulus dan terverifikasi,” sebutnya.

Baca Juga :  Pj Wali Kota Tekankan Penanganan Volume Sampah Selama Lebaran

Suriansyah menambahkan, pelaksanaan UKW juga sangat penting dilaksanakan secara berkelanjutan sesuai yang tertuang dalam Peraturan Dewan Pers Nomor 1 Tahun 2010 yang telah diperbarui dengan Peraturan Dewan Pers Tahun 2017 tentang sertifikasi kompetensi wartawan.

Terpisah, Ketua Komisi Pendidikan, Pelatihan dan Pengembangan Profesi Pers Dewan Pers, Jamalul Insan menuturkan kondisi jurnalistik saat ini terbilang cukup runyam.

Sangat banyak ditemukan oknum atau kelompok yang mengaku sebagai seorang wartawan dan membangun perusahaan media tanpa verifikasi dari dewan pers.

Baca Juga :  Arus Balik di Bandara Juwata Tarakan Meningkat dari Tahun Lalu

“Dari UKW ini, tujuan kita untuk membedakan jurnalis yang kompeten dan tidak. Lalu membedakan media yang terverifikasi dan tidak,” sebut Jamalul, Jumat (24/9/2021).

“Jika wartawan dinilai kompeten, akan mendapatkan sertifikat dan kartu dari Dewan Pers. Wartawan yang mengikuti UKW diharapkan bisa meningkatkan diri sebagai jurnalis yang berkompeten,” tutupnya. (*)

Reporter : Matthew Gregori Nusa

Editor : Nicky Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *