oleh

Pedoman Pembangunan 5 Tahun ke Depan, RPJMD Tetap Digunakan PJS atau Kepala Daerah Selanjutnya

benuanta.co.id, MALINAU – Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) jadi pedoman program pembangunan daerah. Kepala Badan Perencanaan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kabupaten Malinau, Kristian beberkan RPJMD tetap akan menjadi pedoman bagi kepala daerah selanjutnya.

Meski RPJMD merupakan rencana pembangunan 5 tahunan dan lebih lama dibandingkan dengan masa jabatan kepala daerah yang hanya 3,5 tahun. Namun Kristian menjelaskan, jika nantinya masa jabatan kepala daerah berakhir, kepala daerah selanjutnya tetap akan menjadikan RPJMD tahun 2021/2026, sebagai pedoman pembangunan hingga masa pembuatan RPJMD selanjutnya.

“Jabatan kepala daerah saat ini kan hanya sampai di tahun 2024, sedangkan RPJMD sampai di tahun 2026. Jika nantinya ada Pejabat Sementara (Pjs) yang ditunjuk oleh pemerintah provinsi atau pemerintah pusat, ataupun kepala daerah selanjutnya yang terpilih, kepala daerah atau Pjs itu tetap akan berpatokan kepada RPJMD ini dan itu mutlak,” kata Kristian lagi.

Baca Juga :  UMKM Diharapkan Mampu Memanfaatkan Pelatihan Koperasi dan Wirausaha

Baik kepala daerah terpilih ataupun hanya Pjs, tidak bisa membuat RPJMD lagi, hingga masa RPJMD yang ada selesai. Setelah selesai, barulah pemerintah selanjutnya melakukan evaluasi untuk kembali membuat RPJMD berikutnya.

Untuk tahapan RPJMD Malinau, Kristian mengungkapkan kalau nantinya nota RPJMD yang diserahkan oleh DPRD Malinau akan direvisi dan disempurnakan sebelum disahkan sebagai pedoman pembangunan daerah.

Baca Juga :  UMKM Diharapkan Mampu Memanfaatkan Pelatihan Koperasi dan Wirausaha

“Jika sudah diperiksa oleh DPRD, nanti kita serahkan kembali kepada Pemerintah Provinsi Kaltara, setelah itu baru kita sepakati bersama dan disahkan sebagai Peraturan Daerah,” imbuhnya.

Meski tahapan RPJMD Malinau sedikit terlambat dari jadwal yang sudah ditetapkan, namun Kristian mengaku optimis tahapan RPJMD Malinau akan sesuai pada tanggal 10 Oktober 2021 mendatang. (*)

Baca Juga :  UMKM Diharapkan Mampu Memanfaatkan Pelatihan Koperasi dan Wirausaha

Reporter : Osarade
Editor : Matthew/Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *