HUT Bulungan dan Tanjung Selor, Birau Tetap Terlaksana Sesuai Prokes  

benuanta.co.id, BULUNGAN – Jelang pelaksanaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Bulungan yang ke-61 dan Tanjung Selor Ke-231 atau lazimnya disebut Birau. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan telah membahas agenda tersebut yang akan jatuh pada tanggal 12 Oktober 2021 mendatang.

Bupati Bulungan Syarwani telah membahasnya dalam rapat bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Bulungan dan Asisten I Bidang Pemerintahan dan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait mengenai kesiapannya.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1588 votes

“Pertama kita tetap selenggarakan di tanggal 11 Oktober itu sidang di DPRD Bulungan dan tanggal 12 Oktober kita laksanakan upacara dengan protokol kesehatan yang ketat,” ungkap Syarwani kepada benuanta.co.id, Rabu 22 September 2021.

Baca Juga :  Ramp Check Speedboat Baru Dilakukan di Dua Daerah

Dirinya berharap, saat pelaksanaan HUT tersebut, Bulungan sudah berada pada kondisi aman dari Covid-19 atau Bulungan sudah keluar dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4.

“Tapi kita memandangnya HUT ini adalah momentum daerah yang terlaksana hanya 2 tahunan. Sehingga kita tetap melaksanakan upacara di halaman Kantor Bupati Bulungan,” ucapnya.

Perayaan HUT ini dirasakan perlu, karena di dalamnya akan menghadirkan para mantan bupati Bulungan terdahulu, tokoh masyarakat, anggota legislatif di Bulungan dan perwakilan yang duduk di DPRD Provinsi Kaltara.

Baca Juga :  Sidak Takjil hingga Produk Tanpa Izin Edar Sasar Pasar dan Ritel di Bulungan  

“Termasuk nanti kita bersurat secara resmi mengundang pak gubernur dan wakil gubernur untuk hadir,” bebernya.

Dalam Birau itu sendiri, biasanya menghadirkan beberapa acara. Di antaranya festival di Sungai Kayan yang akan dikemas sedemikian rupa. Lalu nantinya juga akan diadakan tidak secara resmi yang dilakukan oleh pemerintah daerah, tapi melalui wadah lain.

“Jadi itu akan digerakkan melalui keberadaan Kormi yang baru dibentuk kemarin, nanti sebagai EO di lapangan,” jelasnya.

Baca Juga :  Pemkab Bulungan Hibahkan 1 Unit Mobil Jenazah untuk Masjid Kasimuddin Tanjung Palas

Birau inipun kental dengan acara adat, Bupati Bulungan menuturkan akan melakukan beberapa ritual dengan pemangku adat Kesultanan Bulungan.

“Sampai hari ini yang kita tetapkan ada ziarah ke makam Sultan Bulungan. Itu nanti di hari Jumat, pertama kita jumatan di Masjid Kasimuddin Tanjung Palas, lalu melaksanakan tahlilan sekaligus ziarah,” paparnya.

Sekadar informasi, HUT Bulungan pertama kali dilakukan tanggal 12 Oktober 1960 dan pelaksanaan HUT Tanjung Selor dimulai pada tahun 1790 silam. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor : Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *