oleh

Sekprov Kaltara Buka Sosialisasi Tabel Input-Output Dorong Pemulihan Ekonomi

Tanjung Selor – Mewakili Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Drs H.Zainal A.Paliwang, SH, M.Hum, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Suriansyah membuka kegiatan Sosialisasi Pemanfaatan Tabel Input-Output menuju pemulihan ekonomi Kaltara yang Berubah, Maju, Sejahtera, Selasa (21/9/2021).

Kegiatan ini berlangsung secara virtual dari Ruang Rapat Kantor Sekdaprov, yang turut dihadiri Inspektur Utama BPS RI Akhmad Jaelani, Kepala BPS Provinsi Kaltara Tina Wahyufitri, dan beberapa narasumber lainnya.

Di antaranya Koordinator Fungsi Nerwilis BPS Provinsi Kaltara, Kepala Pusat Studi Perencanaan, Pembangunan dan Pengembangan Wilayah UBT, Kepala Bappeda-Litbang, Deputi Kepala Perwakilan BI Kaltara, dan Sekretaris Bappeda-Litbang.

Baca Juga :  Pengumuman Seleksi P3K Tahap Satu Dipastikan Disdikbud Kaltara Hari Ini

Dalam laporannya, Kepala BPS Kaltara menyampaikan bahwa sosialisasi ini adalah bagian dari rangkaian acara Hari Statistik Nasional. Di mana program penyusunan tabel input-output merupakan program nasional yang dilaksanakan oleh seluruh provinsi di Indonesia.

Ia menambahkan bahwa BPS Kaltara pada pekan lalu telah berkolaborasi dengan Bappeda-Litbang dalam menyelenggarakan pengenalan serta pemanfaatan tabel input-output ke perangkat daerah di Provinsi Kaltara.

Sementara Gubernur Zainal A.Paliwang dalam sambutannya yang dibacakan Sekdaprov Kaltara bahwa kegiatan sosialisasi tabel Input-Output sangat penting dalam pembangunan ekonomi.

Baca Juga :  Angkat Berat Kaltara Tambah Medali di PON XX Papua

“Perencanaan pembangunan ekonomi memerlukan berbagai macam data statistik sebagai dasar berpijak dalam menentukan strategi kebijakan agar sasaran pembangunan dapat dicapai dengan tepat,” paparnya.

Tak hanya itu, tabel Input-Output ini merupakan model analisis yang praktis dan bersifat kuantitatif. Model tersebut dapat memberikan gambaran mengenai kinerja ekonomi dalam cakupan nasional maupun regional.
“Tabel Input-Output akan menjelaskan keterkaitan dan interaksi produk barang dan jasa dalam struktur perekonomian, (dan) hasil analisisnya dapat digunakan untuk mendukung perencanaan dan kajian yang berkaitan dengan persoalan ekonomi dan sosial di daerah,” jelasnya.

Baca Juga :  Kunjungan Dapil bagi Anggota DPRD, Bapemperda DPRD Kaltara: Beda dengan Reses

Pemprov Kaltara akan terus berupaya menghasilkan kegiatan pembangunan yang positif dan konstruktif dalam misi mewujudkan peningkatan ekonomi yang berdaya saing dan mengurangi kesenjangan antarwilayah.

“Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar demi sumbangsih kita semua terhadap pembangunan Kaltara, yaitu menuju Kaltara yang Berubah, Maju, dan Sejahtera,” pungkasnya mengakhiri sambutan. (gg/dkispkaltara)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *