Renovasi Hampir Selesai, RSUD Malinau akan Buka Dilengkapi Laboratorium PCR Sendiri

benuanta.co.id, MALINAU – RSUD Kabupaten Malinau kejar tahapan renovasi Lab PCR. Jika nantinya Lab PCR ini selesai direnovasi, maka RSUD Malinau akan memiliki lab PCR sendiri yang tentunya akan mempermudah dan mempercepat pemeriksaan konfirmasi Covid-19 terhadap masyarakat.

Direktur RSUD Malinau dr. Ni Putut Ria Citrawati mengatakan saat ini tahapan renovasi Lab PCR, sudah dipastikan hampir selesai dan akan segera dibuka untuk masyarakat awam.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2128 votes

“Renovasinya terus kita kejar dan insyallah dalam waktu dekat akan segera dibuka, soalnya besok kita akan mulai tahap uji cobanya terlebih dahulu,” kata dr yang akran disapa Ria kepada benuanta.co.id, senin(20/09/2021).

Untuk tarif pemeriksaannya sendiri Ria mengungkapkan akan menyamakan dasar tarifnya sesuai dengan ketetapan tarif dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes).

“Kalau aturan Kemenkes itu untuk harga didalam pulau jawa sekitar Rp.450 ribu dan kalau diluar jawa seperti Kalimantan mungkin bisa sama atau sedikit lebih tinggi,” bebernya.

Dengan adanya Lab PCR ini, Ria pun berharap Lab PCR nantinya dapat lebih membantu pihak RSUD dan masyarakat dalam melakukan pemeriksaan pasien Covid. Pasalnya, menurut Ria selama ini untuk pemeriksaan secara PCR, harus dilakukan diluar daerah dan memakan banyak waktu dalam prosesnya.

“Jika ada Lab PCR ini, tentunya akan mempermudah kita juga khususnya dalam menangani pasien Covid-19, karena selama ini baik calon pasien atau pasien covid-19 yang sembuh itu harus melakukan PCR terlebih dahulu dan sampelnya harus kita kirim keluar daerah yang bisa memakan waktu hingga 3 hari,” ujarnya.

“Tapi jika kita punya Lab sendiri, maka pemeriksaan bisa kita lakukan secara mandiri, selain menghemat waktu hal ini juga lebih menghemat biaya,” tutupnya.(*)

Reporter: Osarade

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *